Selasa, 09 April 2019

Tips Merekam Video dengan Smartphone

Sudah terbit di: https://steemit.com/android/@lerengbukit/tips-merekam-video-dengan-smartphone

Selain untuk memotret, smartphone dapat juga digunakan untuk membuat video. Nah, apakah kita termasuk pengguna yang demikian? Bila ya, meskipun smartphone memang bukan perangkat recorder yang sesungguhnya, kita tentunya menginginkan hasil rekaman yang lebih berkualitas. Nah, agar hasil rekamannya lebih baik, berikut beberapa tips merekam dengan perangkat tersebut.


Gambar 1. Ilustrasi

Gunakan Orientasi Landscape. Dibandingkan potrait, orientasi ini menjadikan tampilan nya terasa lebih lapang. Karenanya, terasa lebih hidup. Selain itu, hasilnya lebih nyaman kita saksikan. Sedangkan bila memilih potrait, cenderung terasa sempit dan padat. Nah, untuk menghasilkan tampilan ini, saat merekam, peganglah smartphone dalam posisi horizontal. Gunakan juga tripod untuk menggantung smartphone secara horizontal. Tentu saja, agar hasil tampilannya tak akan tampak bergoyang-goyang.

Tempatkan Objek Utama Pada Posisi Tak Terlalu Di Tengah. Objek utama apa yang sesungguhnya ingin kita rekam? Ambil contoh, merekam kucing lucu. Biasanya, ditempatkan di tengah-tengah. Nah, agar lebih menarik dan tampak lebih dinamis, geser sedikit objek ini dari posisi tengah-tengah pada layar saat merekamnya.

Lebih Baik Mendekat Dibandingkan Menggunakan Zoom. Sebaiknya hindari juga menggunakan fitur tersebut. Sebabnya, dibandingkan tak menggunakannya, hasilnya cenderung tak terlalu baik. Lebih baik mendekat saja untuk merekam objek yang kita inginkan. Gunakan fitur zoom bila benar-benar diperlukan atau bila benar-benar sulit mendekatinya.

Cermati Cahaya dan Backlighting. Apakah terdapat fitur LED pada smartphone kita? Bila cahaya dari lingkungan tak memadainya, sebaiknya menggunakannya. Bila memungkinkan, agar hasil rekaman lebih berkualitas, tata juga cahaya latar di belakang objek. Misalnya, kita merekam kucing lucu. Tempatkan beberapa lampu di belakangnya sebelum memulai proses perekaman. Dapat juga menggunakan kain latar belakang. Tentu saja, agar gambar-gambar di belakangnya tak terbawa masuk rekaman.

Cermati Juga Aspek Audio. Video akan terlihat lebih menarik bila suaranya pun berkualitas. Karenanya, aspek audio pun mesti kita cermati sebaik-baiknya. Agar lebih berkualitas, memang sebaiknya berada dalam posisi yang tak terlalu jauh dari objek yang kita rekam. Ada baiknya juga bila kita menggunakan mikrofon terpisah saat proses perekaman.

Editing. Selain pada PC, ada juga beragam software video editing pada perangkat smartphone. Nah, gunakanlah untuk mengedit. Misalnya, untuk mempercepatnya bila durasinya dirasakan terlalu lama, memberinya efek transisi, membuat intro dan ending yang komunikatif, menambahkan suara tertentu, memberikannya beberapa efek tertentu sehingga tampak lebih menarik, dan sebagainya. Editing pun menjadikannya terlihat lebih profesional. Agar proses editing menjadi lebih praktis dan mudah, tentunya lebih baik menggunakan komputer. Software editing video yang terkenal canggih dan juga populer digunakan yaitu Adobe Premiere.

Demikian, beberapa tips yang dapat kita coba agar hasil rekaman dengan smartphone menjadi lebih baik. Selamat berkarya…

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
  • https://www.pocket-lint.com/phones/news/131351-10-tips-for-recording-better-video-with-your-smartphone
  • https://digitalcommunications.wp.st-andrews.ac.uk/2016/03/23/8-tips-on-recording-professional-video-with-a-smartphone/
  • https://lifehacker.com/most-popular-video-editor-adobe-premiere-pro-5865617
Gambar:
1. https://cdn.pixabay.com/photo/2018/10/23/10/09/video-recording-3767454_960_720.jpg

Related Posts :

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

 

Copyright @ 2013 Sentral Android .