Jumat, 16 November 2018

Tips Menggunakan Kamera Smartphone Untuk Berselfie atau Memotret

Sudah terbit di: https://steemit.com/android/@lerengbukit/tips-menggunakan-kamera-smartphone-untuk-berselfie-atau-memotret

Kamera menjadi fitur standar smartphone android. Namun, tak semua pengguna android kurang memahami bagaimana mengambil gambar dengan kamera android. Bila kurang memahami hal tersebut, tak tertutup kemungkinan foto hasil jepretan kamera smartphone akan terlihat kurang berkualitas. Untuk menghasilkan gambar foto yang lebih berkualitas, berikut beberapa trik menggunakan kamera smartphone untuk berselfie atau memotret.

selfie-465563_960_720.jpg
Gambar 1. Berselfie

Bersihkan Lensa Kamera. Smartphone menjadi barang yang selalu kita bawa. Karenanya, smartphone termasuk barang yang mudah terkena debu ataupun kotoran lainnya. Tak tertutup kemungkinan, debu ataupun kotoran lainnya akan mengotori lensa kamera. Lensa kamera yang kotor akan menghasilkan foto yang keruh dan buram. Nah, dengan demikian, membersihkan lensa kamera menjadi hal penting.

Terapkan Rule Of Third. Rule of third berkaitan dengan komposisi foto. Saat kita memotret ataupun berselfie, bagi area foto menjadi sembilan kotak. Kita atur posisi pengambilan gambar agar objek-objek terlihat seimbang dan proporsional. Biasanya, pada aplikasi foto kekinian, sudah terdapat sembilan kotak tersebut. Berikut contoh penerapan rule of third.

test copy.jpg
Gambar 2. Rule of Third

Cermati Aspek Pencahayaan. Pencahayaan pun menjadi aspek penting dalam mengambil gambar foto. Objek yang kita potret termasuk juga wajah dan tubuh kita saat berselfie mesti mendapatkan pencahayaan yang baik. Sinar matahari ataupun sinar lampu, yang bersumber dari belakang objek, menjadi sumber pencahayaan yang baik Kita pun sebaiknya tidak menggunakan flash untuk mengambil gambar di tempat yang gelap, meskipun memang flash dirancang untuk hal tersebut. Sebabnya, foto akan lebih berkualitas bila menggunakan cahaya sinar matahari

Sesuaikan Mode Pemotretan. Beberapa smartphone,khususnya smartphone high-end, menyediakan beragam mode pemotretan. Misalnya, mode normal, mode warna ceria, ataupun mode malam. Nah, pilihlah mode pemotretan yang memberikan hasil yang lebih baik. Ada juga fitur HDR. Cara kerja fitur ini yaitu menangkap bagian gambar yang terang, bagian gambar yang gelap, dan bagian gambar yang netral. Lalu, menggabungkan ketiga bagian gambar tersebut menjadi gambar yang berkualitas. Kekurangan fitur ini kurang mampu menangkap objek yang bergerak. Karenanya, bila kita ingin berselfie dengan fitur HRD, sebaiknya kita tak bergerak.

Hindari Menggunakan Zoom. Kita pun sebaiknya juga tak menggunakan fitur zoom. Sebabnya, cenderung membuat gambar hasil foto terlihat kurang tajam. Ada baiknya kita mendekati objek yang ingin kita foto.

Tips Tambahan, Rajin Bereksperimen. Tersedia beragam aplikasi editing foto di Playstore. Baik yang gratis maupun berbayar. Nah, kita dapat menggunakan aplikasi ini untuk menjadikan foto lebih menarik. Masing-masing aplikasi memberikan hasil editing yang berbeda. Untuk menghasilkan hasil editing yang menarik, tak perlu takut untuk bereksperimen dengan settingan efek-efek aplikasi editing foto.

Demikian, beberapa trik menggunakan kamera smartphone untuk berselfie atau memotret. Selamat berselfie ataupun memotret menggunakan kamera smartphone.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
Harian Umum Pikiran Rakyat 4 Oktober 2018

Gambar:
https://cdn.pixabay.com/photo/2014/09/29/01/17/selfie-465563_960_720.jpg Modifikasi dari https://cdn.pixabay.com/photo/2015/07/09/00/29/woman-837156_960_720.jpg

Related Posts :

 

Copyright @ 2013 Sentral Android .