Senin, 22 Oktober 2018

Tanda-Tanda Smartphone Terserang Virus

Sudagh terbit di: https://steemit.com/android/@lerengbukit/tanda-tanda-smartphone-terserang-virus

Apakah terpasang aplikasi antivirus pada smartphone android kesayangan kita? Secara mendasar, tak ada sistem operasi yang kebal seutuhnya dari serangan virus. Karena android termasuk sistem operasi buatan Google ini pun sebenarnya tak seutuhnya kebal dari terserang virus. Lalu, bagaimana ciri-ciri smartphone android yang terserang virus? Berikut beberapa tanda smartphone android terserang virus. Bila kita mengalami satu atau lebih tanda tersebut dan tak terpasang aplikasi antivirus pada smartphone, segera install aplikasi antivirus lalu scan smartphone kita.

smartphone-1957740_960_720.jpg
Gambar 1. Smartphone Android Sesungguhnya Tak Kebal Virus 100%

Muncul Aplikasi Aneh. Bila muncul aplikasi yang tak pernah kita install, hal ini akibat ulah jahat virus. Bila kita mengalami hal ini, lekas hapus aplikasi tersebut. Aplikasi yang sesungguhnya virus menyamar menjadi aplikasi yang menarik. Aplikasi ini meminta kita untuk men-tap suatu tombol misalnya tombol OK. Sesungguhnya, pada aplikasi ini, terselip maksud jahat. Misalnya, untuk mencuri password ataupun data-data privasi lainnya.

Kuota Internet dan Pulsa Cepat Habis. Pernahkah kita mengalami kuota internet yang menurun drastis, padahal kita jarang menggunakan internet? Bila kita mengalami hal ini, kita mesti mengeluarkan dana kembali untuk membeli kuota internet. Sebagai solusi, lekas scan smartphone kita dengan aplikasi antivirus. Tak tertutup kemungkinan, virus yang menyebabkan hal tersebut. Virus selalu mengkoneksikan smartphone dengan internet sehingga kuota internet cepat habis. Selain kuota internet, pulsa yang cepat habis pun menjadi tanda smartphone terserang virus. Virus akan mengirimkan SMS dalam jumlah yang sangat besar tanpa kita ketahui

Muncul Iklan Terus-Menerus Menawarkan Produk MIsterius Pada Halaman Web. Saat kita browsing, pernahkah kita terus-menerus melihat iklan menawarkan produk misterius? Iklan ini pun meminta kita untuk men-tap tombol misalnya tombol OK? Bila ya, segara scan smartphone kita. Bila sedang sibuk tak punya waktu untuk men-scan smartphone, abaikan permintaan iklan untuk men-tap suatu tombol. Terselip maksud jahat di balik tombol tersebut. Misalnya,untuk mengaktifkan virus agar menginfeksi smartphone ataupun untuk merusak sistem smartphone.

Aplikasi Tiba-Tiba Berhenti. Kita sedang menjalankan aplikasi pada smartphone. Misalnya, bermain game. Tiba-tiba, aplikasi berhenti. Kita menjalankannya kembali, lalu mengalami hal sama. Padahal, hal ini tak kita alami sebelumnya. Virus yang sesungguhnya menyebabkan hal tersebut. Virus yang berada di dalam smartphone mengakibatkan terganggunya kinerja sistem.

Tenaga Baterai Cepat Menurun. Bila tenaga baterai smartphone tiba-tiba cepat menurun, bukan karena kualitas baterai telah menurun ataupun smartphone menjalankan banyak aplikasi, virus sesungguhnya telah menginfeksi smartphone. Virus yang berada di dalam smartphone biasanya mengkonsumsi daya baterai yang tak sedikit.

Demikian, tanda-tanda smartphone android terserang virus. Agar terhindar dari serangan virus, meng-install aplikasi antivirus tentunya menjadi hal penting. Kita pun tentunya mesti rutin juga meng-updatenya.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
https://www.komando.com/columns/396426/how-to-tell-if-your-phone-or-tablet-has-a-virus

Gambar:
https://pixabay.com/id/smartphone-layar-android-teknologi-1957740/

Related Posts :

 

Copyright @ 2013 Sentral Android .