Selasa, 07 November 2017

Tips Menjaga Baterai Smartphone Tetap Awet

Sudah terbit di: https://steemit.com/android/@puncakbukit/tips-menjaga-baterai-smartphone-tetap-awet

Pernahkah anda berada dalam situasi, indikator baterai smartphone sudah menguning, namun charger tertinggal sementara pekerjaan menuntut untuk bisa terselesaikan dengan baik? Sementara, rekan di sekitar anda tidak memiliki charger yang cocok untuk smartphone anda? Cara tersebut di bawah ini sangat mudah diterapkan untuk menjaga baterai smartphone anda tetap awet.

Battery, Charger, Mobile, Business, Smartphone, Time
Gambar : smartphone tetap awet dengan menjaga baterainya

1. Matikan Bluetooth
Apakah anda adalah salah satu pengguna Bluetooth dengan headset hands free, speaker nirkabel, atau fitur radio? Jika ya, maka sebaiknya anda tidak sering-sering memanfaatkannya. Anda bisa saja mencoba baterai ponsel yang tahan lama namun disarankan ketika anda sedang tidak berada di dalam mobil atau tidak sedang mendengarkan musik secara nirkabel, sebaiknya matikan fitur Bluetooth. Langkah ini diharapkan bisa membuat baterai ponsel anda bertahan lebih awet satu jam atau lebih.

2. Jangan Terlalu Sering Memakai Layanan Lokasi Dan GPS
Pengisap daya baterai lainnya adalah aplikasi yang menerapkan fasilitas GPS, Wi-Fi, dan data mobile untuk menunjukkan lokasi anda sedang berada. Sebagai pengguna, anda dapat mencabut akses aplikasi untuk layanan lokasi, atau atur level (di Android) untuk dapat memilih dan menentukan berapa banyak daya yang sedang mereka manfaatkan. Di fitur Settings > Location, anda bisa memilih menu high accuracy ketika membutuhkannya, atau battery saving jika tidak sedang terlalu membutuhkan.

3. Jangan Biarkan Aplikasi Berjalan Ketika Tidak Digunakan
Multitasking atau kemampuan untuk bisa menjalankan lebih dari satu aplikasi pada satu waktu adalah fitur smartphone yang saat ini sering digunakan. Tapi, hal ini akan menguras energi baterai. Sebab, masing–masing aplikasi yang dijalankan merupakan bagian dari siklus prosesor ponsel yang sedang anda gunakan. Beberapa aplikasi di dalamnya sangat menguras daya tahan baterai. Contohnya, Facebook sempat mengumpulkan laporan dari para penggunanya bahwa aplikasi iOS Facebook memang menguras baterai. Disarankan untuk menutup aplikasi yang tidak sedang benar–benar anda pakai, di mana beban kerja ponsel anda menjadi berkurang. Di Android anda, tekan tombol multitasking, biasanya paling kanan dari tiga ikon di bagian bawah layar dan anda bisa menggeser aplikasi-aplikasi yang tidak sedang digunakan untuk bisa menutup mereka.

Pada iOS, sentuh dua kali tombol Home sehingga layar multitasking akan muncul, lalu geser ke atas untuk menutup aplikasi. Baik itu sistem operasi iOS dan Android saat ini memiliki monitor baterai. Dengan fasilitas ini, anda bisa dengan mudah memeriksa berapa banyak masing-masing aplikasi yang menggunakan daya tertinggi.

4. Matikan Pemberitahuan Yang Tidak Penting
Sepertinya hampir masing–masing aplikasi sekarang terhubung dengan internet untuk mencari berita, pesan, dan informasi lainnya. Ketika mereka menemukan sesuatu, aplikasi tersebut bereaksi dan menerangi layar ponsel anda sambil menampilkan pesan atau membuat layar berkedip-kedip. Kondisi ini semua tentu akan menguras energi. Disarankan untuk tidak mematikan notifikasi pesan teks baru atau panggilan tak terjawab. Anda bisa mematikan pemberitahuan dari aplikasi-aplikasi lain.

5. Mengatur E-mail Masuk
Periksalah ponsel anda jika ada e-mail baru yang masuk meskipun terkesan buang-buang tenaga saja. Atau anda bisa mengubah pengaturan agar pemberitahuan e-mail masuk setiap 15 atau 40 menit bisa dilakukan dengan mudah. Apalagi jika tidak ada hal–hal penting lainnya yang harus dengan segera anda tanggapi.

Semoga bermanfaat!

Penulis: Kadek Nila Utami
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi tulisan:
https://jalantikus.com/gadgets/cara-membuat-baterai-smartphone-awet/

Referensi gambar:
https://pixabay.com/en/battery-charger-mobile-business-1049668/

Related Posts :

 

Copyright @ 2013 Sentral Android .