Sabtu, 29 Juli 2017

Berkreasi Membuat Game Android dengan Corona SDK

Saat ini, di Playstore, tersedia beragam game unik dan menarik. Mulai dari game yang dibuat oleh developer yang terkenal hingga yang kurang terkenal. Nah, bila ingin mencoba game android, kita dapat membuat game dengan software Corona SDK (Software Development Kit). Sebagai informasi, dilansir dari situs bussinessofapps.com, Corona SDK menjadi software yang digunakan lebih dari 150.000 developer untuk membuat game android. Dengan kata lain, menjadi salah satu pembuat game android yang cukup populer.

Lalu, seperti apa software tersebut? Dan juga, apakah sulit menggunakan software ini terlebih bagi yang belum begitu mengenal seluk beluk programming?


Gambar 1. Corona SDK yang Menggunakan Bahasa Pemrograman Lua

Ditinjau dari bahasa pemrograman, Corona SDK menggunakan bahasa pemrograman Lua. Bagi yang memiliki latar belakang pendidikan IT, tentunya dapat menggunakan bahasa tersebut, Nah, bagi programmer pemula, agar dapat menggunakan Corona SDK, tentunya mesti menguasai dasar-dasar pemrograman terlebih dahulu Misalnya, For-Next, IF-Then, jenis-jenis data, pengolahan data, dan sebagainya. Materi dasar-dasar pemrograman dapat kita cari via internet. Tersedia juga beragam buku mengenai dasar-dasar pemrograman di pasaran. Setelah cukup menguasai dasar-dasar pemrograman, dapat memulai menulis skrip dengan bahasa Lua.

Seperti halnya software pembuat game android umumnya, Corona SDK menyediakan sejenis simulator layar Android. Simulator ini menjalankan skrip pemrograman yang kita tulis. Dibandingkan Android Studio yang merupakan software resmi untuk membuat aplikasi android, kita tak membutuhkan RAM yang besar untuk menjalankan simulator tersebut. RAM yang dibutuhkan untuk menjalankannya yaitu 1 GB. Sedangkan Android Studio membutuhkan RAM minimal 4 GB untuk menjalankan simulator tersebut.


Gambar 2. Simulator Corona SDK

Nah, bila kita merasa yakin game karya kita begitu menarik, kita dapat menambahkan iklan pada game. Agar iklan muncul pada game, kita tambahkan skrip khusus pada pemrograman. Tutorial menambahkan skrip iklan dapat kita cari di situs resmi corona, yaitu coronalabs.com. Karena Playstore menjadi sumber resmi aplikasi-aplikasi android termasuk game, kita masukkan game karya kita ke dalam Playstore. Hanya saja, kita mesti membayar 30$ terlebih dahulu via kartu kredit untuk membuat akun di Playstore. Kita hanya cukup membayarnya selama sekali.

Terkait karakter-karakter dalam game, kita tak perlu repot-repot membuatnya. Kita dapat mencari karakter tersebut via internet. Beberapa situs internet menyediakan karakter tersebut secara gratis. Salah satunya yaitu situs opengameart.com


Gambar 3. Situs opengameart.com

Kesimpulannya, Corona SDK dapat menjadi alternatif bagi programmer pemula untuk membuat game komersial android. Selain itu, dengan mengasah kemahiran menggunakan Corona SDK dan terus mengasah kreativitas membuat game, tak tertutup kemungkinan akan menghasilkan pundi-pundi rupiah yang tak sedikit. Nah, tertarik mempelajari menggunakan Corona SDK untuk membuat game? Bila ya, selamat berkarya membuat game…

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
1. https://www.businessofapps.com/app-development-tools/corona-labs-in
2. https://coronalabs.com/corona-sdk
3. https://coronalabs.com/
4. https://developer.android.com/studio/index.html

Sumber Gambar:
1. Gambar Milik Pribadi
2. Gambar Milik Pribadi
3. Screen shot dari https://opengameart.org/art-search?keys=plane

Related Posts :

 

Copyright @ 2013 Sentral Android .