Senin, 30 Januari 2017

Trik Agar Layar Smartphone Lebih Hemat Mengkonsumsi Daya Baterai

Layar smartphone menjadi bagian yang sangat menguras daya baterai. Pada sebagian besar smartphone, layar mengkonsumsi hampir 50% daya baterai saat menyala. Bila level brightness layar begitu tinggi, daya baterai akan semakin terkuras.

Agar layar smartphone lebih hemat mengkonsumsi daya baterai, biasanya pemilik smartphone mengaktifkan fitur power saver ataupun menurunkan level brightness layar. Bila smartphone dilengkapi fitur Auto Light, biasanya pemilik smartphone mengaktifkan fitur tersebut agar brightness layar mengikuti intensitas cahaya lingkungan sekitar. Nah, agar layar smartphone lebih hemat lagi mengkonsumsi daya baterai daya baterai, berikut beberapa trik yang dapat kita coba.

Mengatur Smartphone Berlayar AMOLED.
AMOLED yaitu teknologi layar smartphone buatan Samsung. Sejumlah produk smartphone Samsung, termasuk smartphone berkelas high-end, menggunakan teknologi layar tersebut. Meskipun menghasilkan gambar yang cantik, terang dan jernih, layar AMOLED sebenarnya sangat boros mengkonsumsi daya baterai. Nah, agar layar AMOLED lebih hemat mengkonsumsi daya listrik, gunakan gambar background yang didominasi warna hitam. Ataupun, yang seutuhnya berwarna hitam. Baik pada Lock Screen ataupun pada Home Screen. Sebabnya, pada layar AMOLED, warna hitam jauh lebih sedikit mengkonsumsi daya baterai pada dibandingkan warna-warna terang.


Gambar 1. Wallpaper Hitam

Simpan Widget Secukupnya Saja Pada Layar Home Screen
Saat ini, tersedia berbagai widget yang menarik. Misalnya, widget cuaca ataupun widget berita. Dengan menambahkan widget pada layar home screen, kita dapat mengetahui hal-hal yang update. Misalnya, berita terbaru ataupun kondisi cuaca kekinian. Akan tetapi, memasang widget pada layar sebenarnya cukup memakan daya baterai juga. Tentu saja, karena tampilan widget dikemas menarik mungkin. Untuk menghasilkan tampilan yang menarik, membutuhkan tenaga baterai yang cukup banyak. Dengan demikian, agar layar lebih hemat mengkonsumsi tenaga baterai, simpan widget secukupnya saja pada layar home screen.

Matikan Fitur Animasi
Perangkat Android dilengkapi dengan fitur animasi. Fitur ini disematkan agar segala hal terkait tampilan interface android menjadi lebih menarik. Misalnya, tampilan yang menarik saat berpindah layar Home Screen ataupun saat berpindah aplikasi. Akan tetapi, adanya animasi ini sebenarnya cukup memakan tenaga baterai. Tentu saja, untuk menghasilkan tampilan yang menarik membutuhkan daya baterai yang tak sedikit. Dengan demikian, agar layar lebih menghemat konsumsi baterai, tak ada salahnya mematikan fitur animasi. Untuk mematikan fitur animasi, masuk ke menu setting lalu masuk ke menu Developer Option. Set animasi menjadi off pada Windows Animation Scale, Transition Animation Scale, dan Animator Duration Scale.

Gunakan Font Berukuran Normal
Pada perangkat Android, tersedia berbagai ukuran huruf. Nah, terkait penghematan tenaga baterai, sebaiknya gunakan font berukuran normal. Sebabnya, untuk mengelola font dengan ukuran yang lebih besar, akan membutuhkan tenaga baterai yang lebih besar. Tentu saja, selama kita masih dapat melihat font yang berukuran normal dengan jelas.


Gambar 2. Pemilihan Ukuran Font

Demikian, beberapa trik terkait pengaturan layar smartphone agar lebih hemat mengkonsumsi daya baterai. Dengan menerapkan trik-trik tersebut, tenaga baterai akan lebih panjang sehingga smartphone tak akan cepat ‘low bat’.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1. http://www.pocketmeta.com/wp-content/uploads/2016/03/Black-Wallpaper-on-Samsung-Galaxy-S7.png
2. https://cdn.tutsplus.com/mobile/uploads/legacy/Android-SDK_Basic-Font-Sizes/Figure1.png

Related Posts :

 

Copyright @ 2013 Sentral Android .