Rabu, 25 Januari 2017

Tips Memilih Power Bank

Di pasaran, terdapat beragam power bank. Alat yang berbentuk kotak ini berfungsi men-charge smartphone. Biasanya, alat ini digunakan saat berada jauh dari sumber listrik ataupun saat dalam perjalanan. Nah, bila kita ingin membelinya, power bank seperti apa yang sebaiknya kita gunakan? Apakah kita mesti membeli power bank yang berkapasitas besar? Untuk membantu memilih power bank yang sesuai, berikut beberapa tips memilih Power Bank.


Gambar 1. Men-charge Smartphone Melalui Power Bank

Memilih Power Bank dengan Kapasitas yang Tepat
Saat ini, di pasaran, tersedia power bank dengan beragam kapasitas daya tampung listrik. Semakin besar kapasitas daya tampung listrik, maka harganya akan semakin mahal. Lalu, power bank dengan kapasitas sebesar apa yang sebaiknya kita pilih? Bila power bank hanya digunakan untuk men-charge smartphone saat baterai smartphone kritis, kita tak perlu membeli power bank berkapasitas besar. Kita dapat memilih power bank berkapasitas rendah sehingga menghemat isi kantong kita. Misalnya, power bank dengan kapasitas di bawah 5000 mAh. Akan tetapi, mesti lebih besar 25% daripada arus baterai. Ambil contoh, pada Samsung Galaxy S7, baterai yang digunakan berarus 3000 mah. Nah, bila smartphone ini di-charge dengan power bank yang kapasitasnya di bawah 2200 mah, listrik tak akan mengalir pada baterai.

Bila power bank digunakan untuk benar-benar men-charge smartphone seperti halnya charger sesungguhnya ataupun akan digunakan saat dalam perjalanan, sebaiknya pilihlah power bank yang berkapasitas besar. Misalnya, power bank berkapasitas 6000 mAH ataupun 10000 Mah. Tentu saja, agar proses pengisian baterai jauh lebih cepat.

Perhatikan Juga Bentuk Power Bank
Selain kapasitasnya, bentuk power bank pun mesti kita pertimbangkan juga. Lalu, power bank dengan bentuk seperti apa yang sebaiknya kita pilih? Pilihlah power bank dengan bentuk yang mudah kita bawa. Ambil contoh, bila terbiasa membawa banyak barang di dalam tas, kita dapat memilih power bank yang berukuran besar. Contoh lainnya, bila terbiasa membawa barang berukuran kecil di dalam saku celana, sebaiknya pilihlah power bank yang ukurannya lebih kecil. Sebabnya, membawa power bank berukuran besar di dalam saku celana cenderung merepotkan kita..

Sebaiknya Pilihlah Power Bank yang Berkualitas Baik ataupun yang Bermerek Ternama
Diantara power bank yang beredar luas di pasaran, terdapat power bank yang berkualitas baik ataupun yang bermerek ternama. Agar smartphone lebih aman di-charge melalui power bank, sebaiknya pilihlah power bank tersebut. Walaupun, memang harga power bank yang berkualitas baik ataupun yang bermerek ternama jauh lebih mahal. Lalu, mengapa? Bila smartphone di-charge dengan power bank yang kualitasnya kurang baik, berisiko menghasilkan panas berlebih. Panas ini berisiko mengakibatkan kerusakan smartphone kesayangan kita. Bila smartphone mengalami kerusakan karena panas yang berlebih, biasanya kita mesti mengeluarkan uang yang tak sedikit untuk menservisnya

Demikian, beberapa tips memilih power bank. Selamat membeli power bank...

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber:
https://leadingedgecomputers.com.au/news/choose-right-powerbank/
Sumber gambar:
http://images.fonearena.com/blog/wp-content/uploads/2014/11/Xiaomi-5000mAh-Power-Bank1.jpg

Related Posts :

 

Copyright @ 2013 Sentral Android .