Jumat, 27 Januari 2017

Sebelum Menjual Smartphone, Lakukan Hal Berikut

Smartphone android, secara mendasar, tak sama dengan ponsel biasa. Karenanya, bila kita ingin menjual smartphone, terdapat beberapa hal penting yang sangat wajib kita lakukan sebelum smartphone dipegang orang yang membelinya. Nah, apa sajakah hal-hal tersebut? Berikut beberapa hal yang wajib kita lakukan sebelum menjual smartphone. Terlebih, bagi yang senang mengganti-ganti smartphone. Ataupun juga, bagi para pemakai smartphone pemula.

Sangat Diwajibkan Melakukan Factory Reset
Fitur Factory Reset ada pada setiap smartphone android. Lalu, mengapa sangat diwajibkan melakukan Factory Reset sebelum menjual smartphone? Bila tak melakukan Factory Reset, data-data kita akan tetap tersimpan pada smartphone. Karenanya, bila smartphone telah terjual, data-data yang tersimpan pada smartphone akan dapat diketahui orang yang membelinya. Bila data-data tersebut merupakan data yang penting, bersifat privasi, dan rahasia, tentunya berisiko dimanfaatkan untuk hal-hal yang kurang baik. Selain data-data tersebut, bila tersimpan password e-mail pada browser ataupun password lainnya, tentunya password tersebut pun akan dapat diketahui juga.


Gambar 1. Factory Reset

Nah, bila kita melakukan Factory Reset sebelum menjualnya, maka data-data yang tersimpan pada smartphone akan terhapus. Dan juga, sistem smartphone akan kembali pada kondisi default. Untuk melakukan Factory Reset, masuk ke menu Setting. Lalu, masuk ke menu Backup and Reset. Pada bagian bawah layar, tap tulisan Factory Reset. Bila terdapat menu Backup Data And Restore, hilangkan seluruh check list yang terdapat pada menu tersebut.

Karena sistem smartphone berada dalam kondisi default setelah di-Factory Reset, smartphone akan meminta akun GMail sebagai user pemakai saat dinyalakan. Nah, kita skip saat smartphone meminta akun tersebut.

Sangat Disarankan Memeriksa Kembali Isi Smartphone
Periksa kembali isi smartphone dengan menggunakan aplikasi ‘file explorer’ yang terdapat pada smartphone. Sebabnya, bisa saja masih ada data-data kita yang belum terhapus. Akan tetapi, tak semua smartphone dilengkapi aplikasi ‘file explorer’.

Nah, bila tak ada aplikasi ‘file explorer’ pada smartphone kita, kita sign-in ke Google Play lalu mengunduhnya di Playstore. Caranya, masuk ke menu setting lalu masuk ke menu akun. Tap Add Account. Pilih Google, lalu masukkan akun dan password GMail. Setelah sign in ke akun GMail, kita unduh aplikasi Explorer pada Playstore. Periksalah seluruh folder dengan cermat. Setelah memastikan tak ada data-data kita yang tertinggal pada smartphone, sign out dari Google Play. Untuk sign out dari akun GMail, masuk ke menu setting lalu masuk ke menu akun. Tap menu lalu tap Delete Account.

Bila kita memiliki USB kabel data, tak perlu repot-repot mengunduh aplikasi ‘file explorer’ bila tak ada aplikasi tersebut pada smartphone. Kita dapat memeriksa isi smartphone via laptop. dengan menggunakan USB kabel data.

Demikian, beberapa hal penting yang wajib kita lakukan sebelum smartphone. Kesimpulannya, karena hal-hal tersebut berkaitan dengan keamanan, kita wajib melakukannya sebelum menjual smartphone.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
http://2.bp.blogspot.com/-WTtFd_ntLz4/UXyjr317oPI/AAAAAAAAAK8/fAAdCFIIPK8/s1600/android-system-factory-reset.jpg

Related Posts :

 

Copyright @ 2013 Sentral Android .