Selasa, 31 Januari 2017

Pilihan Pada Menu Developer Options Untuk Meningkatkan Performa Smartphone

Pada setiap smartphone android, terdapat menu Developer Options. Lalu, apa sebenarnya menu ini? Dan juga, karena menu ini terdiri dari banyak pilihan, apa pengaruhnya bagi smartphone? Sesuai namanya, Developer Options sebenarnya ditujukan bagi pembuat aplikasi untuk menguji aplikasi pada smartphone. Akan tetapi, dapat juga digunakan oleh siapapun untuk meningkatkan performa smartphone. Berikut beberapa pilihan, pada menu Developer Options, yang berpengaruh signifikan bagi performa smartphone.


Gambar 1. Pilihan-Pilihan Pada Developer Options

Mematikan Animation Akan Mempercepat Transisi Antar Layar dan Aplikasi
Adanya animasi transisi antar layar dan aplikasi akan memperindah tampilan layar. Akan tetapi, adanya animasi membuat proses transisi terasa lebih lama. Nah, bila menginginkan proses transisi yang lebih cepat, kita dapat menyetel off pada Windows Animation Scale, Transition Animation Scale, dan Animator Duration Scale.

Mengaktifkan Force 4X MSAA Akan Menghasilkan Tampilan Grafis yang Lebih Baik
Bila kita senang bermain game pada perangkat android ataupun menginginkan tampilan grafis yang lebih baik, maka mengaktifkan pilihan Force 4X MSAA. Dengan mengaktifkan pilihan ini, sistem android akan mendorong sistem gratis untuk bekerja empat kali lebih cepat. Karenanya, menghasilkan tampilan grafis yang lebih baik. Hanya saja, bila pilihan ini aktif, sangat menguras daya baterai

Disable HW Overlays
Bila Disable HW Overlays tak aktif, sistem android akan mengatur CPU dan GPU untuk saling berbagi tugas mengolah tampilan grafis. Sedangkan bila Disable HW Overlays aktif, tugas pengolahan tampilan grafis akan diserahkan seutuhnya kepada GPU. Karena tugas ini diserahkan kepada GPU seutuhnya, akan menghasilkan tampilan grafis yang lebih baik. Akan tetapi, menguras tenaga baterai yang tak sedikit. Sebabnya, GPU membutuhkan tenaga baterai yang lebih besar agar dapat bekerja sendiri mengolah tampilan grafis. Selain itu, bisa saja menyebabkan performa melambat. Sebabnya, saat bekerja sendiri, GPU membutuhkan alokasi memori yang lebih besar.

Force GPU Rendering
Sesuai namanya, bila pilihan ini aktif, maka akan mendorong kinerja GPU. Akan tetapi, tak lantas akan menghasilkan tampilan grafis yang baik. Bisa saja, setelah pilihan ini diaktifkan, kualitas tampilan grafis akan menurun ataupun lebih lambat daripada sebelumnya saat menjalankan aplikasi. Dengan demikian, bila tampilan grafis terasa lebih baik, kita dapat mengaktifkannya. Sebaliknya, bila tampilan grafis terlihat menurun ataupun lebih lambat daripada biasanya, kita matikan pilihan tersebut.

Demikian, beberapa pilihan yang terdapat pada menu developer options. Serta, bagaimana pengaruhnya terhadap smartphone. Hanya saja, diperlukan trik khusus agar menu Developer Options muncul pada menu setting. Ambil contoh, pada smartphone Motorola Moto G, kita mesti men-tap ‘About Phone’ selama lima kali, agar menu Developer Options muncul pada layar. Nah, untuk mengetahui agar menu ini muncul pada smartphone, kita dapat mencarinya via google.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1. http://www.androidcentral.com/sites/androidcentral.com/files/styles/large_wm_brw/public/article_images/2014/09/Android-developer-options-3.jpg?itok=4twtUYA7

Related Posts :

 

Copyright @ 2013 Sentral Android .