Kamis, 05 Januari 2017

Mengatasi Memori Internal Yang Cepat Penuh Pada Android

Dengan banyaknya aplikasi android membuat ruang penyimpanan memori internal dan external pun semakin besar. Kebanyakan aplikasi android menggunakan sebagian besar penyimpanan di memori internal seperti bbm, line, instagram, whats up, dan aplikasi lainnya. Memori Internal cepat sekali penuh padahal semua aplikasi sudah sebagian dipindahkan ke SD Card. Meskipun pengguna sudah menghapus sebagian data seperti foto, video, ataupun lagu, tetap saja memori internal penuh.

Saat memori internal penuh maka android akan mengeluarkan peringatan phone storage spacing is going low. Penyebab memori internal penuh bisa disebabkan karena penggunaan aplikasi yang terlalu besar. Memori penyimpanan yang penuh bisa menyebabkan aplikasi berjalan dengan lambat selain itu tidak bisa mendownload aplikasi yang lain. Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal yang cepat penuh.


Gambar 1. Tampilan Aplikasi Info

Menghapus data pada aplikasi. Dengan menghapus data pada aplikasi tersebut bisa membantu mengurangi penggunaan memori internal. Buka Setting-More-pada system pilih Storage. Pada Storage akan terlihat berapa memori internal yang digunakan oleh setiap aplikasi. Pilih aplikasi yang ingin dihapus lalu akan keluar aplikasi info dari aplikasi tersebut. Pilih Clear Data untuk menghapus data aplikasi tersebut. Jika datanya akan dihapus, maka pengguna harus mengulang kembali membuka aplikasi tersebut. Semua data penting tidak akan terhapus karena sudah tersimpan sebelumnya di aplikasi tersebut. Contohnya adalah Clear Data pada bbm. Setelah melakukan Clear Data, maka pengguna harus sign in kembali tetapi contact bbm tetap ada karena yang dihapus adalah penggunaan data pada memori internal oleh aplikasi tersebut.

Cache bisa menjadi penyebab memori internal menjadi penuh. File cache adalah file yang tidak dibutuhkan dan selalu muncul meskipun dihapus. Pada aplikasi info pada sebuah aplikasi akan ditemukan pilihan Clear Data dan Clear Cache. Pilih Clear Cache untuk menghapus cache pada aplikasi tersebut. Jika ingin menghapus cache secara keseluruhan buka Setting-More-Pada system pilih Storage. Pada Internal storage akan terlihat total space yang berisi aplikasi dan cache data. Tekan Cache Data lalu Delete maka cache akan terhapus secara keseluruhan.


Gambar 2. Folder Thumbnail

Menghapus folder thumbnail. Untuk menghapusnya harus menghubungkan perangkat Android ke PC menggunakan kabel usb. Pada memori internal buka folder DCIM. Pada DCIM ada folder thumbnail yang menyebabkan memori internal penuh. Hapus folder thumbnail maka ruang penyimpanan akan semakin besar. Biasanya folder thumbnail sering muncul sehingga harus dihapus secara berulang-ulang. Setelah dihapus lewat PC, pengguna harus menghapusnya lewat perangkat Android. Pada file manager pilih internal storage lalu pilih DCIM. Pada DCIM akan ada folder thumbnail. Folder thumbnail tersebut bisa di delete.

Pengguna android yang sering mengalami Phone Storage Spacing Is Low bisa disebabkan penyimpanan memori internal yang penuh. Cara tersebut sudah terbukti berhasil dan pengguna pun tidak perlu menghapus aplikasi dari android atau melakukan uninstall. Pengguna tidak perlu khawatir lagi jika memori internal cepat penuh dan cara tersebut sangat mudah untuk dilakukan.

Oleh: Jenny

Gambar:
http://www.gadgetgaul.com/wp-content/uploads/2015/09/vcv-640x533.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-XQ1o3oL3U_4/VLSHVYUcGVI/AAAAAAAAMJE/6AMsCowUvF8/s1600/0%2BMEMORI%2BINTERNAL%2BANDROID%2BPENUH%2BPADAHAL%2BAPLIKASI%2BSEDIKIT2.jpg

Related Posts :

 

Copyright @ 2013 Sentral Android .