Senin, 23 Januari 2017

Kelemahan-Kelemahan Android dan Cara Mengatasinya

Saat ini, sistem operasi Android begitu populer bagi sebagian besar masyarakat. Dan juga, terus berkembang hingga terus melahirkan versi baru dan fitur baru. Sebagai informasi, android versi tebaru yaitu Android Nougat baru saja dirilis beberapa waktu lalu. Akan tetapi, di balik kepopulerannya dan kecanggihannya, terdapat beberapa kelemahan sistem operasi buatan Google ini. Lalu, apa saja kelemahan-kelemahan android? Serta, bagaimana mengatasinya? Berikut kelemahan-kelemahan umum android, serta bagaimana cara mengatasinya.


Gambar 1 Logo Android Nougat, Android Versi Terbaru

Bila Ingin Mengunduh Aplikasi Gratis di Playstore, Mesti Jeli Memilihnya
Di Playstore, terdapat ribuan dan beragam jenis aplikasi gratis. Mulai dari permainan (games) hingga untuk meningkatkan produktivitas kerja. Akan tetapi, sebenarnya hanya sedikit aplikasi gratis yang berkualitas. Bahkan, ada juga aplikasi yang ber-virus sehingga membahayakan smartphone bila di-download. Nah, dengan demikian, saat akan memilih aplikasi, kita mesti jeli agar tak mengunduh aplikasi yang salah. Lalu, bagaimana agar kita tak mengunduh aplikasi yang salah? Bacalah komentar yang terlebih dahulu sebelum mengunduhnya. Bila terdapat banyak komentar yang negatif, kita sebaiknya tak mengunduhnya. Perhatikan juga rating aplikasi. Bila ratingnya terlalu rendah, kita pun sebaiknya tak mengunduhnya.

Boros Konsumsi Baterai
Sistem operasi android sebenarnya boros konsumsi daya listrik. Sebabnya, saat smartphone menyala, android menjalankan banyak sekali tasik. Selain itu, brightness layar yang terlalu terang, penggunaan wifi atau bluetooth, ataupun packet data pun semakin menambah konsumsi daya listrik. Nah, untuk mengatasinya, terlebih saat-saat penting, bawalah selalu power bank. Isilah tenaga power bank saat malam hari sebelum kita memulai aktivitas. Terlebih, bila kita sering berada di outdoor atau ruangan terbuka. Saat baterai berada dalam kondisi kritis dan low baterry, kita dapat langsung men-charge smartphone via power bank.

Tanpa Koneksi Internet, Fungsi Smartphone Sesungguhnya Tak Jauh Berbeda dengan Ponsel Biasa
Tanpa koneksi internet, smartphone android sesungguhnya tak jauh berbeda dengan ponsel biasa. Sebabnya, tanpa koneksi internet, banyak fitur-fitur android yang tak berfungsi tanpa koneksi internet. Misalnya, kita tak dapat membuka GPS, membuka Playstore, membuka e-mail, browsing, mengirim pesan melalui Whatsapp ataupun Line, dan sebagainya. Nah, dengan demikian, agar kita dapat kita selalu menggunakan seluruh fitur smartphone, sebaiknya kita selalu berada di wilayah yang berada dalam jangkauan internet. Dan juga, yang pilihlah operator layanan internet yang menyediakan jaringan internet yang stabil

Penggunaan Keyboard Virtual Terasa Kurang Praktis
Seperti halnya iOS, sistem operasi iPhone, android menggunakan keyboard virtual. Nah, dibandingkan mengetik dengan menggunakan keyboard nyata, mengerti menggunakan keyboard nyata sebenarnya jauh lebih praktis. Terlebih, bila layar smartphone berukuran kecil dan jempol kita berukuran jumbo, Terlebih lagi, bila kita mengetik pesan ataupun tulisan yang panjang. Biasanya, jempol kita akan mengetik huruf yang salah. Nah, agar lebih praktis mengetik melalui keyboard virtual, kita mesti membiasakan jempol kita mengetik melalui virtual keyboard.

Demikian, kelemahan-kelemahan Android dan cara mengatasinya. Sebagai pengguna smartphone android, kita sebaiknya mengetahuinya dan dapat mengatasinya. Terlebih, bagi yang baru saja beralih menggunakan smartphone android.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
https://www.maxmanroe.com/wp-content/uploads/2016/07/android-nougat.jpg

Related Posts :

 

Copyright @ 2013 Sentral Android .