Jumat, 02 Desember 2016

Tips Selfie yang Aman

Salah satu hal yang begitu melekat dengan perangkat android yaitu fitur kamera untuk ber-selfie. Nah, bagi sebagian orang, ber-selfie memang menyenangkan. Terlebih, bila sedang berada di tempat yang terasa begitu istimewa dan ber-selfie bersama publik figur ataupun orang terkenal. Biasanya, foto selfie biasanya diposting di media sosial seperti Instagram, Twitter, ataupun Facebook.

Namun, tak sedikit yang berujung dengan kematian ataupun hal-hal yang tak diinginkan seperti terjatuh, tercebur, terpeleset, mengalami cedera ringan ataupun berat, serta kerusakan perangkat android. Contohnya, apa yang dialami seorang mahasiswa bernama Eri Yunanto ketika ber-selfie. Saat berada di sisi kawah Gunung Merapi untuk ber-selfie, ia terjatuh masuk ke dalam kawah gunung. Dengan demikian, sangat penting untuk memperhatikan keselamatan saat ber-selfie. Lalu, bagaimana cara ber-selfie yang aman? Berikut tips-tips ber-selfie yang yang aman.


Gambar 1. Berselfie

Berselfie di Tempat yang Aman, Jangan Ber-Selfie di Tempat yang Berbahaya
Sebaiknya, kita tak ber-selfie di tempat yang berbahaya. Misalnya, di sisi kawah gunung, di pegangan jembatan, di sisi jurang, dan sebagainya. Memang, foto seseorang dengan latar belakang gambar yang ‘berbahaya’ terlihat begitu keren. Misalnya, foto kita dengan latar belakang kawah gunung. Akan tetapi, kita sebenarnya mesti mempertaruhkan nyawa untuk mendapatkan foto tersebut. Dan juga, bisa saja perangkat android mengalami kerusakan karena terjatuh di tempat tersebut.

Bila Berselfie di Tempat Umum, Perhatikan Tanda-Tanda Keselamatan di Sekitar Kita
Ada saatnya kita ingin ber-selfie di tempat umum. Nah, bila ingin berselfie di tempat umum, perhatikan tanda-tanda keselamatan sebelum ber-selfie. Ambil contoh, kita melihat tanda rambu lintas dilarang berhenti. Nah, kita sebaiknya tak ber-selfie di sekitar jalan yang dipasang rambu tersebut. Sebabnya, bila berselfie di jalan tersebut, sangat berisiko tertabrak mobil. Contoh lainnya, ambil contoh kita sedang berada di tangga supermarket. Kita melihat tanda berhati-hati dipasang di dinding sebelah tangga. Nah, bila ingin ber-selfie di tangga supermarket kita sebaiknya berhati-hati saat ber-selfie. Sebabnya, bila kurang berhati-hati, bisa saja kita terpeleset.

Jangan Berselfie Dengan Benda-Benda yang Berisiko Menghilangkan Nyawa Ataupun yang Berisiko Mengakibatkan Cedera
Beberapa benda-benda yang berisiko menghilangkan nyawa diantaranya pisau, pedang samurai, senjata tajam, golok, senjata api, dan sebagainya. Bagi yang senang ber-selfie, biasanya ingin berselfie bersama benda-benda tersebut. Tentu saja, karena foto kita bersama benda-benda tersebut terlihat begitu keren. Namun, ber-selfie bersama benda-benda tersebut sebenarnya berisiko merenggut nyawa dan berisiko juga mengakibatkan cedera. Misalnya, bisa saja picu senjata api tak sengaja tertekan saat ber-selfie. Ataupun, bisa saja kulit kita tak sengaja tergores pedang samurai saat kita sedang memegangnya. Nah, bila ingin sekali berselfie dengan benda tersebut, gunakan jasa instruktur yang berpengalaman.

Jangan Berselfie Dengan Binatang yang Berisiko Menghilangkan Nyawa Ataupun yang Berisiko Mengakibatkan Cedera
Kita pun sebaiknya tak ber-selfie dengan bintang yang berisiko menghilangkan nyawa. Ataupun, yang berisiko mengakibatkan cedera. Misalnya, ber-selfie dengan ular liar yang tak berbisa. Bisa saja, saat ber-selfie, ular ini mengamuk lalu menggigit kita. Akan tetapi, bila ingin sekali berselfie dengan bintang tersebut, sebaiknya gunakan jasa pawang binatang yang berpengalaman.

Demikian, tips-tips ber-selfie yang aman. Berselfie memang menyenangkan. Akan tetapi, bila ‘kelewat batas’, akan berujung menjadi hal-hal yang tak diinginkan. Bahkan, dapat juga mengakibatkan kehilangan nyawa. Nah, untuk menurunkan risiko berselfie berujung menjadi hal-hal yang kurang menyenangkan, tak ada salahnya menerapkan tips-tips tersebut.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
http://classyratchet.com/wp-content/uploads/2014/09/selfie.jpg

Related Posts :

 

Copyright @ 2013 Sentral Android .