Kamis, 01 Desember 2016

Tips Memilih Aplikasi Android

Saat membutuhkan suatu aplikasi, termasuk game, kita dapat mengunduhnya di Playstore. Akan tetapi, karena terdapat ratusan aplikasi di Playstore, kita mesti cermat memilihnya. Sebabnya, bila kurang cermat memilihnya, bisa saja aplikasi yang kita unduh tak sesuai dengan ekspektasi. Nah, bila aplikasi yang diunduh tak sesuai ekspektasi, aplikasi tak akan terpakai dan kuota internet kita terbuang sia-sia. Terlebih, bila size aplikasi yang diunduh berukuran besar. Lalu, bagaimana memilih aplikasi android? Berikut tips-tips memilih aplikasi android.

Baca Deskipsi Aplikasi dengan Baik Sebelum Mengunduhnya
Sebelum mengunduh aplikasi, baca deskripsi aplikasi terlebih dahulu. Bila deskripsi berisi penjelasan yang cukup jelas, kita dapat mengunduhnya. Sebaliknya, bila deskripsi penjelasan kurang jelas, kita sebaiknya tak mengunduhnya. Sebabnya, dilansir dari berbagai sumber, bila deskripsi aplikasi kurang jelas, besar kemungkinan aplikasi tersebut akan membahayakan perangkat android seperti mengandung virus.


Gambar 1. Deskripsi Aplikasi Pada Playstore

Kenali Developer (Pengembang) Aplikasi
Saat memilih-milih aplikasi untuk diunduh, salah satu hal yang kita lihat pada Playstore yaitu developer aplikasi. Nah, kita sebaiknya tak mengunduh aplikasi yang dibuat oleh developer yang kurang berkredibel. Sebabnya, aplikasi yang dibuat developer yang kurang berkredibel biasanya lebih banyak kekurangannya daripada kelebihannya. Nah, biasanya developer yang berkredibel memiliki situs resmi. Ambil contoh, developer game Electronic Arts. Developer ini memiliki situs resmi.

Nah, bila kita merasa nyaman menggunakan aplikasi yang dibuat oleh suatu developer, sebaiknya tak ‘berpindah’ developer. Ambil contoh, bila merasa nyaman memainkan game-game buatan developer Electronic Arts, sebaiknya unduh game yang dibuat developer asal Amerika Serikat ini bila kita ingin memainkan game baru.

Lihat Jumlah Unduhan, Rating Aplikasi. Dan Juga, Baca Komentar-Komentar User yang Sudah Menggunakannya
Pada Playstore, terdapat rating aplikasi dan komentar-komentar orang yang sudah menggunakannya. Dan juga, terdapat jumlah yang menunjukkan sudah berapa kali aplikasi diunduh. Nah, sebelum mengunduh aplikasi, lihat jumlah unduhan, rating aplikasi dan komentar orang-orang yang sudah menggunakannya. Bila jumlah unduhan cukup tinggi, rating aplikasi baik, dan tak banyak yang berkomentar ‘miring’ perihal aplikasi, kita dapat mengunduhnya. Sebaliknya, bila jumlah unduhan rendah, rating aplikasi kurang baik, dan banyak yang berkomentar ‘miring’, kita sebaiknya mencari aplikasi lain yang sejenis.


Gambar 2. Jumlah Unduhan dan Rating Aplikasi

Cari aplikasi di Sumber Selain Playstore
Selain di Playstore, aplikasi android pun dapat juga diunduh di situs tertentu. Nah, bila aplikasi yang kita cari ada di situs tertentu, kita dapat mengunduhnya. Namun, aplikasi yang diunduh di luar Playstore sebenarnya rentan mengandung virus. Untuk mencegah perangkat android kita terinfeksi virus, kita sebaiknya meng-install antivirus terlebih dahulu sebelumnya menginstallnya pada perangkat android kita.

Demikian, tips-tips memilih aplikasi android. Dengan menerapkan tips-tips yang sudah dijelaskan, mengurangi risiko salah memilih aplikasi.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
Gambar Milik Pribadi
Gambar Milik Pribadi

Related Posts :

 

Copyright @ 2013 Sentral Android .