Rabu, 21 Desember 2016

Tips Agar Smartphone Lebih Aman

Salah satu hal penting terkait smartphone yaitu perihal keamanan. Bila kita kurang memperhatikan keamanan penggunaan smartphone, bisa saja menyebabkan hal-hal yang tak kita inginkan. Misalnya, smartphone kita terserang virus ataupun diketahuinya data-data rahasia kita. Lalu, bagaimana agar smartphone kita lebih aman? Berikut tips-tips untuk lebih mengamankan smartphone kita.

Pasang Password di Lock Screen
Ada pengguna smartphone android yang memasang password di lock screen. Ada juga yang yang tak menggunakannya, agar lebih praktis saat akan menggunakan smartphone. Nah, bila kita tak memasang password di lock screen, ada baiknya memasangnya. Sebabnya, bila smartphone tak sengaja terambil rekan kita ataupun tercuri, isi smartphone akan dapat langsung diketahui. Nah, pada smartphone android, terdapat beberapa beberapa password default yang dapat kita pasang pada lock screen, diantaranya password berpola garis, sandi, dan PIN. Pada beberapa smartphone, ada juga password berupa deteksi wajah. Nah, agar password tak mudah diketahui orang lain, gantilah password secara rutin.

Install Aplikasi Anti Virus
Secara teoritis, sistem operasi sebenarnya rentan terinfeksi virus. Karena Android termasuk sistem operasi, android pun sebenarnya rentan juga terinfeksi virus. Dengan demikian, agar smartphone kita lebih aman dari virus, tak ada salahnya menginstall aplikasi virus. Di Playstore, terdapat beragam aplikasi anti virus. Mulai dari yang gratis hingga yang berbayar.

Sebaiknya Install Aplikasi Hanya Dari Playstore
Selain dari Playstore, pengguna smartphone android pun dapat juga mengunduh aplikasi di sumber lainnya. Misalnya, dari situs internet tertentu. Saat ini, tak sedikit situs internet yang menyediakan berbagai aplikasi android. Nah, ada baiknya bila kita hanya mengunduh aplikasi dari Playstore. Sebabnya, bila kita mengunduh aplikasi selain dari Playstore, bisa saja aplikasi mengandung virus. Ataupun, bisa saja disisipi file untuk mencuri data-data yang tersimpan di dalam smartphone.

Saat Menelepon, Sebaiknya Gunakan Fitur Microphone
Smartphone android dilengkapi dengan fitur microphone saat menelepon. Dengan fitur ini, kita dapat menelepon tanpa mesti mendekatkan smartphone ke telinga. Nah, saat menelepon, sebaiknya kita gunakan fitur ini. Sebabnya, saat sedang menelepon, smartphone memancarkan radiasi gelombang elektromagnetik. Gelombang ini sebenarnya sangat berbahaya, termasuk bagi otak. Terlebih, bila kita sering menelepon dalam durasi waktu yang lama. Nah, bila suara di sekitar kita riuh, gunakan headset untuk menelepon.

Matikan Bluetooth Saat Tak Digunakan
Saat Bluetooh tak digunakan, sebaiknya kita matikan. Sebabnya, bila Bluetooth terus menyala, sangat berisiko dimanfaatkan orang jahil. Misalnya, mengirimkan file bervirus. Ataupun, mengirimkan file untuk mencuri data yang tersimpan di dalam smartphone. Sebagai informasi, menurut suatu penelitian, sebanyak 73% pengguna perangkat mobile kurang memahami risiko bahaya penggunaan Bluetooth.

Matikan Juga Hotspot Saat Tak Digunakan
Saat hotspot pada smartphone tak digunakan, sama halnya seperti Bluetooth, sebaiknya kita matikan. Sebabnya, bila hotspot terus menyala, jaringan internet kita berisiko dicuri orang lain. Bila jaringan internet berhasil dicuri, kouta internet akan lebih cepat berkurang.

Demikian, tips-tips terkait keamanan smartphone. Keamanan smartphone menjadi hal yang sebaiknya kita perhatikan.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Related Posts :

 

Copyright @ 2013 Sentral Android .