Senin, 14 November 2016

Mitos Android Yang Tidak Banyak Diketahui Orang

Ternyata penggunaan ponsel Android menimbulkan berbagai mitos yang masih dipercaya oleh penggunanya. Walaupun tidak diketahui dengan pasti apakah mitos itu benar adanya atau tidak, tetapi masih banyak pengguna yang mempercayainya.


Gambar 1. Simbol Android

Berikut ini beberapa mitos tentang Android yang tidak banyak diketahui orang serta kebenarannya.

1. Menggunakan live wallpaper lebih boros baterai

Menggunakan live wallpaper dapat mempercantik tampilan layar ponsel Android Anda. Namun, ternyata banyak pengguna Android yang tidak menggunakan live wallpaper dengan alasan bisa membuat pemakaian baterai lebih boros. Ternyata mitos satu ini tidaklah sepenuhnya benar.

Sebuah percobaan pun dilakukan untuk melihat perbedaan antara penggunaan live wallpaper dan wallpaper statis serta pengaruhnya dengan daya baterai. Hasilnya pun sedikit mengejutkan. Ternyata, jika menggunakan live wallpaper, daya baterai yang dihabiskan tidaklah berbeda jauh dengan penggunaan wallpaper statis. Sebenarnya, ada faktor lain yang menyebabkan berkurangnya daya baterai, contohnya waktu nyala dan tingkat kecerahan ponsel.

Walaupun demikian, live wallpaper memang bisa memengaruhi kapasitas baterai jika dalam kondisi tertentu. Misalnya saja, live wallpaper yang menampilkan update cuaca yang real-time atau live wallpaper yang digunakan membutuhkan penggunaan sensor. Tentu saja dalam kondisi seperti ini daya baterai akan berkurang lebih banyak.

2. Diharuskan mengisi penuh baterai ponsel saat pertama kali digunakan

Setiap membeli ponsel baru, biasanya penjual akan menyarankan kepada pembeli untuk mengisi penuh baterai sebelum digunakan. Ternyata mitos yang sudah lama dipercaya ini tidaklah sepenuhnya salah, khususnya dilakukan pada ponsel yang memiliki baterai model lama seperti Nickel Metal Hydrate (NiMH) dan Nickel Cadmiun (NiCd). Kenyataannya, ponsel Android yang ada sekarang ini sudah banyak menggunakan baterai model baru seperti Lithium-ions, sehingga tindakan seperti ini sudah tidak perlu untuk dilakukan lagi.

3. Menyalakan NFC terus-menerus buat boros baterai

Mitos satu ini sebenarnya senada dengan penggunaan live wallpaper yang menjadikan penggunaan baterai lebih boros. Karena alasan itulah, tidak jarang pula pengguna ponsel Android yang memutuskan untuk tidak menyalakan fitur Near Field Communication (NFC) secara terus-menerus.

Walaupun hal ini tidak sepenuhnya salah, akan tetapi pada kenyataannya penggunaan NFC tidaklah sampai menghabiskan daya baterai, bahkan pengguna tidak akan merasakan perbedaannya. Oleh karena itu, pengguna tidak perlu khawatir untuk menyalakan fitur ini terlalu sering.

4. Task killer memaksimalkan performa

Ketika ponsel Android Anda tiba-tiba performanya turun sehingga ponsel tersebut menjadi lelet, maka fitur yang sering digunakan oleh para pengguna Android untuk meningkatkan performa adalah Task Killer. Hal ini menjadikan fitur Task Killer menjadi populer di kalangan para pengguna ponsel Android, sehingga banyak digunakan. Tetapi, pada kenyataannya Task Killer tidak benar-benar mampu meningkatkan performa dan membantu kinerja ponsel. Bahkan ada yang mengatakan bahwa penggunaan memory cleaner dan task killer ternyata membahayakan ponsel Android.

Oleh: Brentley
Referensi tulisan:
http://tekno.liputan6.com/read/2348771/4-mitos-ponsel-android
Sumber gambar:
https://www.maxmanroe.com/wp-content/uploads/2015/05/mitos-android-e1430707599414.jpg

Related Posts :

 

Copyright @ 2013 Sentral Android .