Rabu, 09 November 2016

Cara Sederhana Bedakan Android Asli dan Palsu

Tingginya peminat smartphone di Indonesia memberikan keuntungan tersendiri bagi para vendor-vendor besar yang mereknya laku di pasaran. Jika merek smartphone sudah terkenal di kalangan konsumen, tentu saja masyarakat akan loyal menggunakan merek tersebut. Namun, ada beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan kesempatan ini. Mereka membuat replika smartphone yang mereknya sudah terkenal dan menjualnya kepada konsumen.

Walaupun merek smartphone tersebut terkenal, tapi sebelum membeli ada baiknya konsumen mengetahui mana smartphone yang benar-benar asli dan mana yang replika. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membedakan mana yang asli dan palsu.


Gambar 1. Smartphone

1. Jangan tergiur harga murah

Smartphone yang merupakan replika dari merek terkenal biasanya harganya sangat murah karena kualitasnya pun jauh di bawah merek yang asli. Oleh karena itu, jangan tergiur harga murah jika Anda ingin mendapatkan smartphone yang asli. Sebelumnya, lakukan survey harga di pasaran lalu bandingkan dengan harga smartphone tersebut. Jika harganya jauh dari harga pasar, maka kemungkinan besar smartphone tersebut palsu.

Perhatikan pula kartu garansi dan buku panduannya, sebab merek smartphone android yang asli pasti menyertakan kartu garansi dan buku panduan dalam satu paket.

2. Uji kamera

Selain menguji dengan cara membandingkan harga, cara selanjutnya adalah dengan menguji kamera smartphone android tersebut. Tapi sebelum menguji, cobalah untuk mencari informasi tentang spesifikasi kamera ponsel tersebut.

Setelah itu, Anda sudah bisa mengujinya. Jika gambar hasil tangkapan tidak mencerminkan kualitas kamera dan berbeda dengan spesifikasinya, maka dapat disimpulkan smartphone android tersebut sudah pasti merupakan replika.

3. Mengecek langsung bentuk fisik

Cara selanjutnya adalah mengecek langsung bentuk fisik. Pada dasarnya, smartphone android yang palsu memang memiliki bentuk fisik yang sangat identik dengan yang asli. Walaupun demikian, pasti ada perbedaan antara smartphone yang asli dan palsu. Sebelum mengecek bentuknya, cobalah untuk mencari informasi singkat tentang smartphone tersebut. Setidaknya Anda memiliki gambaran tentang bentuk fisik dan material yang digunakan. Jika ada bagian yang terlihat berbeda pada smartphone yang akan dibeli, maka Anda patut curiga.

4. Pastikan nomor IMEI

Sebelum menggunakan smartphone yang baru dibeli, ada baiknya Anda mengecek nomor IMEI melalui tombol *#06#. Jika nomor yang muncul sama dengan nomor yang dengan yang tertera di kotak penjualan, berarti bisa dipastikan produk tersebut asli.

5. Gunakan aplikasi pihak ketiga

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk membedakan smartphone android asli dan palsu adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Google Play Store. Aplikasi yang bisa digunakan untuk mengetahui informasi tentang smartphone yang baru saja dibeli, diantaranya CPU-Z atau AnTuTu Benchmark.

Aplikasi CPU-Z biasanya digunakan untuk mengetahui spesifikasi dan informasi penting mengenai smartphone tersebut, sedangkan aplikasi AnTuTu digunakan untuk menguji benchmark ponsel. Hasil pengujian dengan menggunakan aplikasi tersebut biasanya berupa performa dan data/informasi penting tentang smartphone.

Oleh: Brentley

Referensi tulisan:
http://tekno.liputan6.com/read/2412170/5-cara-simpel-bedakan-ponsel-android-asli-atau-palsu
Sumber gambar:
http://tekno.kompas.com/read/2015/04/16/14320037/Begini.Cara.Bedakan.Galaxy.S6.Asli.dan.KW.

Related Posts :

 

Copyright @ 2013 Sentral Android .