Selasa, 15 November 2016

Cara Menonaktifkan Pembaharuan Update Android Otomatis

Ponsel Android memang pantas memiliki banyak peminat. Dengan berbagai macam aplikasi yang ditawarkan, pengguna pasti akan sangat betah menggunakan android. Tapi, adakalanya aplikasi yang terdapat pada Android membutuhkan pembaharuan agar tetap update. Bahkan ada aplikasi yang baru diperbaharui, tetapi seminggu kemudian pemberitahuan untuk melakukan update dikirim kembali.


Gambar 1. Ponsel Android

Pada awalnya, pembaharuan update android secara otomatis dianggap berguna bagi sebagian pengguna Android. Ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh melalui update aplikasi Android.

Kalau Android sering diperbaharui, maka performa dan kinerjanya akan semakin meningkat. Dengan demikian, penggunaan Android bisa benar-benar maksimal. Selain itu, melakukan pembaharuan aplikasi juga ternyata dapat bermanfaat untuk keamanan aplikasi tersebut. Manfaat lainnya adalah ponsel dan aplikasi android menjadi lebih update serta penambahan fitur menjadi lebih sempurna dan lengkap. Jika demikian, maka pengguna akan merasa lebih betah berlama-lama menggunakan android.

Namun, ada juga kerugian yang bisa diperoleh jika android di update. Misalnya saja, aplikasi system yang diperbaharui tentu saja akan memboroskan storage. Bisa juga versi terbaru yang akan di update lebih berat dan tidak kompatibel dengan android yang ada pada ponsel Anda, sehingga android Anda malah menjadi lemot, dan banyak lagi masalah lainnya.

Biasanya, pada ponsel Android, pembaharuan update akan dikirim melalui pemberitahuan mengenai aplikasi yang perlu diperbaharui atau aplikasi yang telah diperbaharui secara otomatis. Namun, ternyata tidak sedikit pengguna ponsel Android yang merasa terganggu dengan adanya pemberitahuan yang terus-menerus ini. Jika Anda termasuk pengguna Android yang merasa terganggu dengan hal ini, tidak perlu khawatir karena Anda bisa menonaktifkan atau mematikannya.

Menonaktifkan pemberitahuan tentang pembaharuan aplikasi pada Android sangatlah sederhana dan sangat mudah dilakukan. Pertama-tama, carilah aplikasi Play Store yang ada pada perangkat Anda. Setelah itu buka aplikasi tersebut dan layar awal akan menunjukkan ikon Menu yang terdapat pada sudut kiri atas. Pilih ikon Menu tersebut, kemudian pilih Settings.

Ketika Anda sudah memilih menu Settings, maka dalam submenu Settings Anda akan melihat pilihan terkait pemberitahuan yaitu: “Notify me about updates” or “Games that I downloaded.” (Beri tahu saya tentang pembaruan untuk aplikasi atau game yang saya unduh). Ada tanda centang yang terdapat di sebelah pilihan tersebut. Untuk menonaktifkan pemberitahuan pembaharuan tersebut, Anda tinggal menghilangkan tanda centang pada kotak tanda cara mengetuknya. Dengan demikian, maka pemberitahuan tentang pembaharuan update Android dan aplikasi yang perlu diperbaharui tidak akan muncul lagi di ponsel Anda.

Hal yang perlu Anda ketahui adalah, tulisan yang tercantum pada submenu Setting terkait dengan pembaharuan aplikasi bisa bervariasi, tergantung jenis system Android yang dijalankan oleh ponsel tersebut dan juga tergantung pada tipe ponsel.

Oleh: Brentley

Referensi tulisan:
http://tekno.liputan6.com/read/2316831/cara-menonaktifkan-pemberitahuan-update-aplikasi-di-android
Sumber gambar:
https://www.androidcentral.com/sites/androidcentral.com/files/styles/larger_wm_brw/public/article_images/2014/03/Google-Play-Update-Apps.jpg?itok=t2BtuY9A

Related Posts :

 

Copyright @ 2013 Sentral Android .