Jumat, 11 November 2016

Cara Menggunakan Google Now di Android

Aplikasi Google Now memang belum banyak digunakan oleh para pengguna Android sebab anggapan mereka tentang Google Now yang hanya sekedar mesin pencari di internet ataupun aplikasi yang ada di ponsel. Padahal, Google Now bisa menjadi aplikasi yang lebih fungsional dengan sedikit penyesuaian.


Gambar 1. Smartphone

Bagi Anda pengguna Android, berikut ini cara menggunakan aplikasi Google Now di Android Anda.

1. Atur Google Now dan kenali beberapa bahasa
Google Now memiliki beberapa keunggulan seperti mampu mengenali secara otomatis bahasa yang diucapkan oleh pengguna. Caranya mengatur Google Now adalah dengan membuka Settings pada Google Now dan pilih Voice dan Languages. Setelah itu, pilih bahasa yang digunakan oleh pengguna.

2. Gunakan sebagai pembaca pesan masuk
Google Now juga bisa digunakan untuk membaca pesan terbaru yang ada di kotak masuk. Caranya sangat mudah, yaitu cukup dengan mengucapkan “Show me my latest messages”, dan Google Now pasti akan langsung membacakan lima pesan terbaru Anda yang ada di kotak masuk.

Tapi, sayangnya fitur yang terdapat di Google Now ini hanya bisa dinikmati oleh pengguna Android yang sudah memiliki update terbaru Google Now. Sehingga tidak semua pengguna Android bisa menikmatinya karena pembaruan atau update aplikasi ini masih dilakukan secara bertahap.

3. Akses informasi terbaru
Ada beberapa informasi yang disediakan oleh Google Now, berkaitan dengan ketertarikan dan minat penggunanya, seperti informasi olahraga dan saham. Namun sebelumnya, Google Now akan bertanya mengenai hal tersebut kepada penggunanya. Berdasarkan jawaban yang diberikan, Google Now akan memberikan informasi tersebut secara otomatis.

Bukan hanya itu, Google Now juga bisa memberikan informasi dari situs yang pernah dikunjungi oleh penggunanya, dengan syarat pengguna mencari situs tersebut dengan menggunakan Google Search.

4. Dapat digunakan ketika offline
Salah satu keunggulan yang disediakan aplikasi Google Now adalah dapat digunakan secara offline. Kebanyakan pengguna berpikir bahwa aplikasi ini hanya bisa diakses dan digunakan ketika ada akses internet. Tapi saat ini, Google Now sudah bisa diakses walaupun tidak menggunakan koneksi ke internet. Walaupun demikian, kemampuan Google Now ketika digunakan secara offline memang sedikit terbatas. Namun demikian, beberapa perintah dasar pada Google Now bisa berjalan dengan baik, seperti membuka aplikasi, mematikan/menyalakan Wi-Fi, membuka pemutar music, mengaktifkan koneksi Bluetooth, mengaktifkan airplane mode, dan meredupkan cahaya layar.

5. Sebagai pengingat informasi cuaca terbaru
Satu lagi kemampuan dari aplikasi Google Now, yaitu bisa digunakan sebagai pengingat informasi keadaan cuaca terbaru. Untuk mengaktifkan fitur yang ada pada aplikasi Google Now ini, dapat dilakukan dengan cara manual. Caranya adalah tap menu Settings, setelah itu pilih Now Card kemudian aktifkan Weather.

Ketika Anda sudah mengaktifkan fitur ini, maka secara otomatis Google Now pasti akan menampilkan kondisi cuaca terbaru berdasarkan lokasi yang sudah ditentukan secara rutin.

Oleh: Brentley

Referensi tulisan:
http://tekno.liputan6.com/read/2382849/5-cara-maksimalkan-penggunaan-google-now-di-android
Sumber gambar:
http://2.bp.blogspot.com/-cJl5h-n3Uxk/Vl_8a69VGuI/AAAAAAAACz0/p2B5DNnI6ug/s1600/google-voice.jpg

Related Posts :

 

Copyright @ 2013 Sentral Android .