Selasa, 08 November 2016

Cara Mengatasi Google Play Store Bermasalah di Android

Salah satu aplikasi yang wajib tersedia di smartphone Android Anda adalah Google Play Store, sebab aplikasi ini memegang peran yang sangat penting sebagai sarana untuk memperoleh aplikasi bagi pengguna.

Akan tetapi, kadang kala aplikasi Google Play Store mengalami banyak masalah, misalnya saja ketika ingin membuka aplikasi, aplikasi tiba-tiba berhenti bekerja. Untuk memperbaiki masalah yang terjadi di Google Play Store tersebut, sebenarnya tidak ada petunjuk pasti yang menerangkan tentang hal tersebut. Namun, agar masalah tersebut bisa di atas, Anda bisa melakukan tips dan trik sebagai berikut.


Gambar 1. Smartphone

1. Restart ponsel
Ketika Google Play Store tiba-tiba berhenti bekerja, cobalah untuk me-restart smartphone Anda.

2. Tutup paksa Google Play Store
Sebelum me-restart smartphone, pertimbangkanlah untuk menutup paksa aplikasi, yaitu dengan cara memilih menu Settings, kemudian pilih Apps dan All. Setelah itu, cari Google Play Store, dan pilih Force Stop. Anda bisa juga menggusur Google Play Store melalui laman multitasking.

3. Hapus data dalam memori cache
System cache sangat berguna untuk mempercepat waktu muat dan mengurangi penggunaan data. Akan tetapi, biasanya data yang diunduh tidaklah berguna. Oleh sebab itu, rutinlah untuk menghapus memori cache yang terdapat di Google Play Store. Caranya adalah dengan membuka menu Settings dan pilih Apps. Setelah itu cari Google Play, kemudian pilih Clear Cache.

4. Hapus data yang ada di Google Play Store
Apabila Anda belum bisa mengatasi masalah ini dengan menghapus data di memori cache, pilihan lain yang bisa dilakukan adalah dengan menghapus data Google Play Store. Caranya sama dengan cara saat menghapus data di memori cache, hanya saja ketika ingin menghapus data, pilihlah tombol Clear Data.

5. Cek aplikasi yang mungkin diblokir
Salah satu penyebab Google Play Store yang bermasalah adalah system aplikasi yang tidak bekerja seperti biasanya. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk mengecek aplikasi yang mungkin diblokir, dengan cara membuka menu Settings lalu pilih Apps dan All. Setelah itu, cari aplikasi yang mungkin disable. Apabila memang ada, maka aktifkan kembali aplikasi tersebut.

6. Cek Google Play Services
Cara selanjutnya yang bisa dillakukan untuk mengatasi masalah ini adalah memeriksa Google Play Services di mana aplikasi ini merupakan motor penggerak perangkat Android. Caranya sama dengan cara menghapus data dan memori cache pada Google Play Store. Akan tetapi, saat membuka App Manager, pilihlah terlebih dahulu Google Play Services, lalu hapus cache yang ada di Google Play Store.

7. Uninstall Google Play Store
Jika semua cara yang telah dipaparkan sebelumnya juga belum berhasil, satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan meng-unistall Google Play Store.

Caranya adalah, pilih menu Settings kemudian Apps dan pilih Google Play Store. Setelah itu, pilih uninstall updates.

Oleh: Brentley

Referensi tulisan:
http://tekno.liputan6.com/read/2426996/ini-solusi-untuk-google-play-store-yang-bermasalah
Sumber gambar:
http://rumahwacana.com/wp-content/uploads/2016/02/cara-mengatasi-google-play-store-bermasalah-atau-hang.jpg

Related Posts :

 

Copyright @ 2013 Sentral Android .