Senin, 07 November 2016

5 Shortcut Rahasia Android Yang Jarang Diketahui

Fitur dan pengaturan yang terdapat pada smartphone Android memang banyak. Hal inilah yang menyebabkan masih banyak pengguna yang masih belum tahu seluk beluk fitur dan aplikasi yang terdapat pada smartphone walaupun mereka sudah lama menggunakan perangkat tersebut. Padahal, fitur dan aplikasi yang tidak diketahui seluk beluknya tersebut ternyata cukup penting. Untuk itu, Anda harus mengetahui shortcut di perangkat Android yang penting tersebut. Berikut ini, 5 shortcut rahasia yang perlu Anda tahu:


Gambar 1. Handphone Android

1. Aktifkan 'OK, Google'
Untuk mengaktifkan ‘OK, Google’, cobalah untuk mengikuti langkah-langkah ini. Buka aplikasi pencarian Google -> Settings -> Voice -> OK Google Detection -> kembali ke layar opsi. Setelah itu, mulailah berkata-kata sebanyak tiga kali dan fitur ini akan menyala. OK Google merupakan aplikasi yang bisa menjawab pertanyaan yang ada dalam pikiran Anda.

2. Trik Cepat Buka Kamera
Untuk menyalakan kamera, Anda tidak perlu mencari-cari di tumpukan aplikasi untuk bisa membukanya. Ada jalan pintas yang bisa memudahkan Anda menyalakan kamera tanpa menggunakan cara yang biasanya.

Untuk Anda yang menggunakan Samsung yang dirilis 2015-2016, Anda bisa double-tap tombol fisik Home, dan bagi yang menggunakan Nexus 5X atau nexus 6P, double tap tombol Power. Untuk perangkat LG V10, double tap tombol bawah Volume. Bagi pengguna Moto G 2015, putar pergelangan tangan yang memegang smartphone agar kamera lewat bisa dinyalakan.

3. Buka Kunci Ponsel
Walaupun perangkat Anda dalam posisi unlocked, Anda dapat merasa aman dan nyaman menggunakan smartphone lewat fitur Smart Lock. Cara untuk menggunakan fitur ini adalah, aturlah dan tambahkan lokasi yang dianggap aman. Setelah diaktifkan, maka perangkat akan berada dalam posisi unlocked.

Ketika Anda meninggalkan lokasi yang dianggap aman tersebut (trusted place), perangkat akan terkunci dan meminta password, PIN, atau pattern untuk membuka. Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda bisa mengikuti langkah ini. Bukalah aplikasi Settings, kemudian Security, pilih Smart Lock, lalu Trusted Places. Namun, fitur ini baru tersedia pada perangkat Android Lollipop versi 5.0--Nexus 6.

4. Tolak Panggilan dengan Pesan
Jika Anda berada pada posisi yang tidak bisa menjawab panggilan telepon, Anda dapat menggunakan aplikasi yang mengatur smartphone agar dapat mengirim pesan secara otomatis. Caranya adalah buka aplikasi Phone, kemudian Setting, pilih Call Rejection, dan lalu pilih Rejection Messages. Dengan demikian, smartphone Anda akan menolak panggilan kemudian mengirimkan pesan kepada si penelepon sehingga dia tahu alasan kenapa Anda tidak bisa mengangkat telepon.

5. Tambah Widget Kontak
Jika Anda ingin menemukan kontak favorit Anda dalam sekali ketuk, caranya sangat mudah. Tekan dan tahan pada layar Home, kemudian pilih “Widgets”, setelah itu lihatlah widget “Contacts” berukuran 1x1 kemudian ketuk shortcut tersebut sehingga detail kontak akan muncul.

Referensi tulisan:
http://tekno.liputan6.com/read/2487109/5-shortcut-android-yang-wajib-anda-ketahui
Sumber gambar:
http://www.kolomgadget.com/wp-content/uploads/2014/10/kode-rahasia-Samsung-Galaxy-770x470.jpg

Related Posts :

 

Copyright @ 2013 Sentral Android .