Rabu, 02 November 2016

5 Ciri Ciri Aplikasi Android Berbahaya

Android memang pantas menjadi primadona bagi para pengguna smartphone. Pasalnya, android menawarkan jutaan game, aplikasi, dan berbagai fitur menarik yang bisa dinikmati penggunanya. Biasanya aplikasi dan berbagai fitur tersebut banyak ditemukan di toko aplikasi Google Play store, baik yang resmi maupun tidak resmi. Para pengguna Android tentu akan merasa puas dengan banyaknya fitur dan aplikasi tersebut.

Namun, apabila para pengguna tidak cermat dalam memilih aplikasi yang tepat, dalam hal ini aplikasi yang diunduh tersebut bisa saja memiliki virus yang berbahaya, maka tentu saja smartphone bisa berada dalam kondisi yang membahayakan juga. Virus tersebut biasanya disebarkan oleh para hacker melalui aplikasi gratis.


Gambar 1. Aplikasi Android

Untuk menghindari kerusakan smartphone akibat banyaknya virus berbahaya yang menyerang aplikasi Android, maka pengguna perlu mengetahui ciri-ciri aplikasi yang berbahaya bagi Android. Berikut ini ciri-cirinya:

1. Deskripsi Ngawur

Ciri aplikasi android berbahaya yang pertama adalah deskripsi yang ngawur, dalam hal ini deskripsi yang di post di Play Store tidak jelas dan cenderung membingungkan pembacanya. Apabila Anda menemukan hal yang seperti ini, maka Anda patut curiga bahwa aplikasi atau fitur tersebut bisa saja membahayakan perangkat di smartphone Anda.

2. Tidak Ada di Play Store

Ciri selanjutnya yang menandakan bahwa aplikasi tersebut berbahaya adalah aplikasi yang dimaksud tidak tersedia di Play Store. Biasanya aplikasi seperti ini hanya bisa ditemukan di berbagai situs blog atau situs berbagi aplikasi, apalagi aplikasi tersebut berformat .apk. Jika Anda meng-instal aplikasi berformat seperti ini, maka risiko virus menyerang aplikasi Anda jauh lebih besar. Oleh karena itu, hendaknya cermat sebelum mengunduh aplikasi yang tidak tersedia di Play Store.

3. Reputasi

Selanjutnya, ciri Android yang berbahaya adalah reputasinya mencurigakan di berbagai komunitas Android atau Google Play Store. Untuk mengetahui apakah reputasinya mencurigakan atau tidak, coba cermati ratingnya dan juga jumlah pengunduhnya. Jika ratingnya rendah atau pengunduhnya sedikit, itu bisa menjadi indikasi kalau aplikasi tersebut berbahaya.

4. Lihat Jumlah Unduhan dan Komentar

Jika aplikasi yang ingin diunduh tersedia di toko aplikasi seperti Play Store, perhatikanlah komentar pengguna yang sudah mengunduh aplikasi tersebut dan juga jumlah unduhannya. Apabila komentar, feedback, atau testimoni yang ditinggalkan pengguna itu positif bisa jadi aplikasi tersebut tidak berbahaya. Hal tersebut bisa menjadi tolak ukur mengenai kualitas aplikasi yang diunduh.

Aplikasi yang berkualitas biasanya sudah diunduh dan digunakan sekurang-kurangnya oleh satu juta pengguna. Selain itu, ratingnya sudah mencapai rating 4 ke atas.

5. Pengembang Aplikasi Tak Jelas

Saat akan meng-install aplikasi, periksa dahulu sumber aplikasi yang akan diunduh, yaitu pengembang aplikasinya. Apabila pengembang aplikasi tidak diketahui sumbernya atau tidak jelas, maka bisa jadi aplikasi tersebut berbahaya bagi smartphone Anda.

Referensi tulisan:
http://tekno.liputan6.com/read/2603407/ini-ciri-ciri-aplikasi-android-yang-berbahaya
Sumber gambar:
http://www.ceksmartphone.com/wp-content/uploads/2016/09/Kenali-Ciri-Ciri-Aplikasi-Android-yang-Berbahaya.png

Related Posts :

 

Copyright @ 2013 Sentral Android .