Jumat, 04 November 2016

4 Cara Cegah Malware Berbahaya di Android

Sebaik apa pun perawatan Anda dalam menggunakan smartphone Android, tapi tidak menutup kemungkinan smartphone Anda akan terkena masalah, seperti terjangkiti malware. Hal ini bisa saja terjadi apabila Anda secara tidak sengat meng-install aplikasi yang tidak jelas. Malware yang sudah menjangkit akan terus menerus berada di smartphone. Dengan demikian, malware tersebut akan memberikan akses tanpa batas bagi pembuatnya untuk melakukan eksploitasi pada smartphone yang dijangkitinya. Jika hal ini yang terjadi, maka smartphone Android Anda akan berada dalam bahaya.


Gambar 1. Virus Android

Untuk mencegah masuknya malware ke perangkat, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Update Versi Antivirus Terkini
Antivirus pada android memang diperlukan untuk melindungi perangkat dari berbagai virus yang masuk. Jika perangkat smartphone Android yang Anda miliki memiliki antivirus, maka jangan lupa selalu melakukan update versi antivirus terkini secara berkala. Dengan banyaknya aplikasi antivirus yang ada di Google Play Store, maka seringkali pengguna merasa bingung memilih aplikasi yang paling tepat. Hal yang perlu diketahui oleh para pengguna adalah ada baiknya untuk tidak mengunduh aplikasi antivirus gratisan karena biasanya aplikasi tersebut sudah tertanam spyware dan malware yang berbahaya, serta antivirus tersebut sangat rentan masalah. Satu-satunya pilihan terbaik adalah menggunakan antivirus yang dibuat oleh vendor seperti Norton, Avast, AVG, atau Kaspersky.

2. Hati-hati Saat Akses WiFi Publik
Wi-Fi atau akses internet gratis menjadi sesuatu yang sangat menggiurkan untuk digunakan. Akan tetapi, pada kenyataannya akses Wi-Fi gratis yang ada di tempat umum biasanya sering digunakan oleh para hacker untuk masuk ke dalam perangkat smartphone para pengguna Wi-Fi. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengakses Wi-Fi gratis, jangan mengakses Wi-Fi public yang tidak dikenal dan pastikan koneksi publik tersebut merupakan penyedia layanan yang terpercaya dan memang sangat aman untuk digunakan oleh pengguna.

3. Update Sistem Operasi Anda
Untuk mencegah masuknya malware dan spyware yang berbahaya ke dalam perangkat Android, bukan hanya antivirus yang perlu di update. Versi system operasi android juga ternyata perlu diperbarui. Ada beragam manfaat yang bisa diperoleh jika update system operasi sering dilakukan, diantaranya adalah fungsi perangkat bisa dioptimalkan dan juga versi terbaru pasti menyertakan perbaikan bugs.

4. Perhatikan Akses Permission Aplikasi
Walaupun aplikasi diunduh dari Google Play Store tetapi tidak menutup kemungkinan aplikasi yang diunduh tidak aman dari malware atau spyware. Memamerkan aplikasi di Google Play Store memang sangat mudah untuk dilakukan. Hal inilah yang membuka peluang bagi para pengembang aplikasi nakal untuk menanamkan malware dan spyware pada aplikasi tersebut.

Agar terhindar dari aplikasi tersebut, perhatikan akses permission ketika akan memasang aplikasi. Apabila ada permintaan ke tool yang terlihat mencurigakan, maka jangan teruskan proses pemasangan aplikasi tersebut.

Referensi tulisan:
http://tekno.liputan6.com/read/2618707/hindari-malware-berbahaya-di-android-dengan-4-cara-ini
Sumber gambar:
http://apptekno.com/wp-content/uploads/2015/03/Cara-cegah-Smartphone-Android-kena-virus.jpg

Related Posts :

 

Copyright @ 2013 Sentral Android .