Jumat, 09 September 2016

Tips Meningkatkan Kualitas Suara Speaker Smartphone

Dengan kualitas suara yang baik, kita lebih nyaman mendengarkan musik melalui smartphone. Terlebih, bila kita senang mendengarkan musik saat bekerja, ataupun menjalakan aktivitas lainnya. Akan tetapi, bagaimana bila suara yang dihasilkan smartphone kurang begitu nyaman terdengar di telinga kita? Nah, untuk lebih meningkatkan kualitas suara smartphone, kita dapat mencoba tips-tips berikut. Apa sajakah tips-tips tersebut?

Pertama, cobalah melepaskan case yang terpasang pada smartphone

Memasang case pada smartphone membuat kita lebih nyaman memegang smartphone. Selain itu, smartphone tak mudah terlepas dari genggaman kita. Akan tetapi, case yang terpasang pada smartphone bisa saja menyebabkan suara kurang nyaman terdengar. Sebabnya, bisa saja case ‘mem-block’ suara yang dihasilkan speaker. Bila suara yang dihasilkan speaker ‘ter-block’ oleh case, biasanya suara akan terdengar kasar. Selain itu, biasanya kerasnya suara speaker tak sebanding dengan level volume. Nah, bila suara musik lebih enak terdengar setelah melepaskan case, lepaskan case saat mendengarkan musik melalui smartphone. Setelah mendengarkan musik, kita dapat memasangnya kembali.


Gambar 1. Case Smartphone

Kedua, cobalah banyak aplikasi pemutar musik

Di Play Store, tersedia beragam aplikasi pemutar musik. Baik yang gratis maupun yang berbayar. Beberapa contoh aplikasi tersebut antara lain PowerAmp, JetAudio Music Player, dan MusicMonkey. Lalu, mengapa kita sebaiknya mencoba banyak aplikasi pemutar musik? Walaupun berfungsi sama yaitu menghasilkan suara, cara kerja mengolah suara setiap aplikasi sesungguhnya belum tentu sama. Cara ini menjadi salah satu hal yang mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan. Nah, agar smartphone menghasilkan suara yang nyaman terdengar, kita mesti mencoba banyak aplikasi pemutar musik hingga menemukan aplikasi pemutar musik yang menghasilakan suara yang nyaman terdengar di telinga kita.

Ketiga, bila tak ada fitur equalizer pada aplikasi pemutar musik bawaan, unduh aplikasi equalizer di Play Store

Dengan adanya equalizer, kita dapat mengatur intensitas suara bass, middle, dan treble hingga musik nyaman terdengar. Nah, bila tak ada fitur equalizer pada aplikasi pemutar musik bawaan, unduh di Play Store. Biasanya, fitur ini tak ada pada smartphone entry level. Setelah mengunduhnya, kita buka aplikasi equalizer yang sudah kita unduh. Lalu, kita atur equalizer hingga musik nyaman terdengar di telinga kita. Bila kita belum memahami bagaimana mengaturnya, gunakan preset yang tersedia. Pada aplikasi equalizer, lazimnya tersedia banyak preset. Misalnya, preset rock untuk mendengarkan musik rock ataupun preset disco untuk mendengarkan musik disko. Beberapa contoh aplikasi equalizer antara lain Bass Boost dan Music Volume Equalizer.


Gambar 2. Aplikasi Music Volume Equalizer

Demikian, tips-tips meningkatkan kualitas suara speaker smartphone. Agar kita lebih nyaman mendengarkan musik, terlebih bagi yang senang mendengarkan musik, tak ada salahnya menerapkan tips-tips yang sudah dijelaskan. Selamat mencoba…

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1.http://cdn2.gsmarena.com/vv/pics/meizu/meizu-m1-note-31.jpg
2.http://aplikasiandroid.co/wp-content/uploads/2012/02/Music-Volume-EQ.jpg

Related Posts :

 

Copyright @ 2013 Sentral Android .