Rabu, 14 September 2016

Tips Memilih Ponsel Android Bagi Pemakai Pemula

Beragam ponsel android tersedia di pasaran. Karenanya, tak sedikit orang yang baru saja beralih menggunakan android merasa bingung dengan beragamnya pilihan. Lalu, bagi pemakai ponsel android pemula, bagaimana cara memilih ponsel android? Untuk membantu pemakai android memilihnya, berikut tips-tips memilih ponsel android bagi pemakai pemula.

Pertama, Ketahui Nilai Benchmark Ponsel Android yang Akan Kita Beli

Sebelum memutuskan memilih ponsel android, ada baiknya mengetahui nilai benchmarknya. Lalu, mengapa? Nilai benchmark menunjukkan performa ponsel secara keseluruhan. Semakin besar nilai benchmark, maka performa ponsel akan semakin lebih baik. Sebagai contoh nilai benchmark ponsel, ambil contoh nilai benchmark ponsel Samsung Galaxy S7 Edge. Nilai benchmark salah satu ponsel high end buatan Samsung ini, dihitung dengan menggunakan aplikasi Antutu Benchmark Versi 6, yaitu 134599. Nah, untuk mengetahui nilai benchmark ponsel android yang akan kita beli, kita dapat mencarinya via googling.


Gambar 1. Samsung Galaxy S7 Edge.

Kedua, Ketahui PPI (Pixel Per Inch) Ponsel Android yang Akan Kita Beli

Ada baiknya juga kita mengetahui PPI. Nah, nilai ini berhubungan dengan ketajaman gambar yang pada tampak layar. Semakin besar nilai PPI, maka gambar yang tampak pada layar akan semakin terang. Sebaliknya, semakin kecil, maka gambar akan terlihat ‘kotak-kotak’ Sebagai contoh nilai PPI pada ponsel, ambil contoh ponsel Moto G. Nilai PPI ponsel ini yaitu 326.

Lalu, ponsel dengan nilai PPI berapa yang sebaiknya dipilih? Bila membutuhkan tampilan gambar yang lebih mendetail seperti bermain game, menonton video YouTube, video chat, maka sangat disarankan memilih ponsel dengan nilai PPI yang besar. Sebaliknya, bila tak begitu membutuhkan tampilan layar yang tak begitu mendetail, dapat memilih ponsel dengan nilai PPI yang tak terlalu besar.


Gambar 2. Motorola Moto G

Ketiga, Ketahui Besarnya RAM

Di Playstore, tersedia beragam aplikasi. Mulai aplikasi game hingga aplikasi yang menunjang berbagai kebutuhan kita. Nah, apakah kita senang memasang banyak aplikasi ataupun aplikasi yang terbaru pada ponsel? Bila iya, sangat disarankan memilih ponsel dengan RAM yang besar. Sebabnya, tanpa RAM yang memadai, ponsel membutuhkan waktu yang lebih lama untuk membuka aplikasi. Selain itu, biasanya tanpa RAM yang memadai, biasanya aplikasi pun sering ‘nge-lag’ saat dijalankan.

Keempat, Bagaimana Memilih Ponsel dengan Ukuran Layar yang Tepat?

Bagi pemakai ponsel android pemula yang akan membeli ponsel ini, salah satu hal yang terkadang membingungkan yaitu ukuran layar. Lalu, ponsel dengan ukuran layar berapa yang sebaiknya kita pilih? Semakin besar ukuran layar, akan lebih nyaman membaca teks pada layar tanpa perlu men-zoom. Selain menjadikan teks lebih nyaman dibaca, ukuran layar yang besar pun menjadikan gambar yang tampak pada layar terlihat lebih mendetail. Terlebih, bila nilai PPI besar. Karenanya, bila senang membaca berita di ponsel, bermain game di ponsel, ataupun menonton video YouTube, sangat disarankan memilih ponsel dengan ukuran layar yang besar. Bila kita menggunakan ponsel untuk mengirimkan pesan, menelepon, ataupun mencatat hal-hal yang penting, dapat menggunakan smartphone dengan ukuran yang tak terlalu besar.

Demikian, tips-tips memilih ponsel android bagi pemakai pemula. Selamat membeli ponsel android…

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1. http://www.reviewhandphone.com/images/motorola/motorola-moto-g-1.jpg
2. http://cdn2.gsmarena.com/vv/pics/samsung/samsung-galaxy-s7-edge-usa1.jpg

Related Posts :

 

Copyright @ 2013 Sentral Android .