Selasa, 13 September 2016

Menyulap Perangkat Android Menjadi Wireless Web Cam

Kamera menjadi fitur yang tak dapat dilepaskan dari perangkat android. Nah, bila kamera perangkat android kita sangat baik dalam mengambil gambar, kita dapat ‘menyulapnya’ menjadi wireless web cam memanfaatkan jaringan wifi. Karena menggunakan jaringan wifi, gambar yang masuk pada lensa kamera dapat kita lihat pada layar laptop tanpa sambungan kabel. Dengan demikian, kita dapat memfungsikanya sebagai kamera jarak jauh. Kita pun dapat menggunakannya sebagai kamera untuk bervideo-chatting melalui laptop. Terlebih, bila web cam pada laptop kita kurang baik dalam ‘menangkap’ gambar. Lalu, bagaimana cara ‘menyulap’ perangkat android menjadi wireless web cam? Berikut langkah memfungsikan perangkat android sebagai wireless web cam.

Pertama, unduh aplikasi Droidcam yang free di perangkat android

Buka aplikasi Playstore di smartphone kita. Lalu, cari aplikasi Droidcam pada search menu. Setelah menemukannya, pasang aplikasi ini. Tunggulah hingga pengunduhan dan pemasangan selesai. Setelah pengunduhan dan pemasangan aplikasi ini selesai, lanjut ke langkah dua.

Kedua, unduh aplikasi droidcam di laptop

Setelah selesai memasang aplikasi Droidcam pada smartphone, buka situs www.dev47apps.com di browser laptop. Lalu, unduh aplikasi Droidcam Client yang sesuai dengan sistem operasi yang digunakan. Setelah pengunduhan selesai, install aplikasi ini.


Gambar 1. Situs Dev47Apps (www.dev47apps.com)

Ketiga, koneksikan wifi laptop dan perangkat android ke jaringan wifi internet yang sama

Sebagai catatan, laptop dan perangkat android mesti berada dalam satu jaringan wifi yang sama. Ambil contoh, laptop dan perangkat android berada dalam satu jaringan wifi. Nama SSID yang digunakan yaitu RahadianNet. Sambungkan koneksi wifi internet pada laptop dan perangkat android ke RahadianNet.

Keempat, masukkan IP Address

Buka aplikasi Droidcam pada perangkat android. Lalu, buka juga aplikasi Droidcam pada laptop. Nah, pada aplikasi Droidcam yang terinstall perangkat android, terdapat alamat address wifi IP. Tuliskan alamat ini ke dalam Device ID pada Droidcam yang terinstall pada Droidcam laptop. Setelah memasukkan IP Address, klik start. Kini, perangkat smartphone dapat difungsikan sebagai wireless web cam. Gambar yang ‘terambil’ lensa kamera dapat kita lihat pada layar laptop.


Gambar 2. Mengisi IP Address. Gambar sebelah kiri yaitu Droidcam yang teinstall pada android.Sedangkan gambar sebelahan kanan yaitu Droidcam client yang terinstall pada laptop

Demikian, langkah memfungsikan perangkat android sebagai wireless web cam. Nah, tertarik menyulap perangkat android kita menjadi wireless web cam? Bila tertarik dengan memfungsikannya sebagai wireless web cam, tersedia Droidcam versi premium di Playstore. Harga aplikasi ini yaitu sekitar 4 Dollar. Perbedaan aplikasi ini dengan Droidcam versi gratis yaitu dalam hal fitur. Pada Droidcam versi premium terdapat berbagai fitur yang tak ada dalam Droidcam versi gratis. Contohnya, fitur merekam gambar. Dengan fitur ini, kita dapat menjadikan perangkat smartphone sebagai CCTV. Akhir kata, bila tertarik memanfaatkan perangkat android sebagai wireless web cam, selamat mencoba...

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1. Gambar milik pribadi
2. Gambar milik pribadi

Related Posts :

 

Copyright @ 2013 Sentral Android .