Kamis, 08 September 2016

Keunggulan Ber-messenger Menggunakan Telegram Dibandingkan Menggunakan Whatsapp

Saat ini, Whatsapp menjadi aplikasi internet messaging (pengirim pesan berbasis jaringan internet) yang begitu populer. Dilansir dari venturabeat.com, pada Februari 2016 jumlah pengguna aplikasi buatan mantan karyawan Yahoo ini telah menembus angka 1 miliar di seluruh dunia. Selain Whatsapp, masih ada aplikasi sejenis lainnya. Salah satunya yaitu Telegram. Aplikasi ini memberikan sejumlah kelebihan yang tak ada dalam Whatsapp. Nah, apa sajakah kelebihan-kelebihan ini?


Gambar 1. Aplikasi Telegram

Dapat menghapus pesan secara otomatis

Pengguna ponsel, termasuk pengguna ponsel Android, kurang memperhatikan menghapus pesan pada inbox. Termasuk menghapus pesan pada inbox aplikasi internet messaging yang digunakan. Nah, bila inbox berisi pesan yang bersifat privasi ataupun rahasia dengan seseorang, tentunya kita tak ingin pesan ini diketahui orang lain. Akan tetapi, tak tertutup kemungkinan, pesan ini akan diketahui orang lain. Misalnya, saat orang lain meminjam ponsel kita.

Selain dapat diketahui orang lain, bila ponsel yang berisi pesan tersebut ‘jatuh’ ke tangan orang yang memiliki niat tak baik, berisiko dimanfaatkan untuk hal-hal yang kurang baik.

Nah, dengan mengaktifkan fitur secret chat pada Telegram, pesan yang masuk akan terhapus dalam jangka waktu tertentu setelah kita menerimanya. Jangka waktu yang disediakan aplikasi ini yaitu dari 1 detik hingga 1 bulan. Untuk lebih menurunkan risiko pesan yang privasi ataupun yang rahasia diketahui orang lain, sebaiknya kita men-set jangka waktu yang tak terlalu lama. Misalnya, kurang dari 1 jam ataupun 1 hari.

Untuk mengaktifkan fitur secret chat, buka menu lalu tap New Secret Chat. Pilih kontak yang akan ber-secret chat dengan kita. Setelahnya, tap menu lalu tap Self Destruct Time. Atur jangka waktu penghapusan pesan setelah menerimanya.

Tak Dapat Dilacak Di Server

Bisa saja, orang meng-hack server untuk mencari pesan tersebut. Sebagai informasi, beberapa bulan lalu beredar isu bahwa server Whatsapp berhasil dibobol seseorang. Nah, dengan menggunakan fitur secret chat, pesan tak akan disimpan di server. Karenanya, bila server berhasil dibobol, pesan tersebut tak akan dapat ditemukan.

Dapat digunakan di banyak perangkat

Berbeda dengan Whatsapp yang hanya dapat digunakan di satu perangkat, Telegram dapat digunakan di banyak perangkat. Dengan demikian, bila memiliki banyak smartphone, sangat cocok menggunakan Telegram. Kita pun dapat juga menggunakan Telegram pada laptop kita. Hanya saja, mesti meng-install emulator android misalnya BlueStack terlebih dahulu.


Gambar 2. Menjalankan Telegram pada Laptop

Berkarya Membuat Stiker Sendiri

Stiker biasa digunakan pada aplikasi internet messanging. Nah, pada Telegram, kita dapat berkarya membuat stiker sendiri. Dengan memajang stiker karya sendiri, tentunya menjadikan menjadikan komunikasi lebih menarik. Bila tertarik membuatnya, kita dapat mencari tutorialnya via googling.


Gambar 3. Contoh Stiker Unik

Demikian, keunggulan Telegram dibandingkan Whatsapp. Bila tertarik ber-messenger menggunakan Telegram, silahkan mengunduhnya di Play Store.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1.http://images.indianexpress.com/2015/11/telegramapp_1.jpg
2.http://downloads.andyroid.net/website/v2//wp-content/uploads/2015/09/Telegram.png3
3.https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQy06spSQv9EdcH8VHdh1gzpHM9RqZCMOCGInCbJZ64rqZsxLNph7K19EE_

Related Posts :

 

Copyright @ 2013 Sentral Android .