Senin, 25 Januari 2016

Tips Membuat Status Bar Pada Android Menjadi Transparan

Smartphone memang sedang marak-maraknya di Indonesia. Bermacam-macam jenis dapat dijumpai di seluruh counter handphone mulai dari yang murah sampai dengan harga yang sangat mahal. Smartphone yang menggunakan robot hijau sebagai simbolnya ini merajai seluruh pasaran di dunia. Android terus menerus menciptakan inovasi-inovasi baru yang dapat menarik perhatian masyarakat luas lebih banyak lagi. Jika performanya meningkat maka penggunanya bukan tidak mungkin akan meningkat secara pesat.

Android juga memberikan kebebasan pada para penggunanya untuk mengutak-atik performanya agar tampil beda dari yang lain. Salah satunya adalah dengan mengubah tampilan dari status bar. Tampilan status bar ini merupakan tampilan menu yang terletak pada bagian layar atas smartphone Anda. Tampilan ini biasanya berupa bar untuk baterai, indikator jaringan, dan juga aplikasi yang sedang berjalan. Warna yang ditampilkan adalah hitam, terlihat sangat monoton dan juga kurang menarik. Oleh karena itu banyak yang mencari cara agar tampilan tersebut bisa terkesan lebih menarik.

Biasanya warna transparan menjadi warna terfavorit untuk mengganti warna dalam tampilan status bar. Karena transparan sebenarnya adalah tidak ada warna apapun, hal ini yang menjadikannya sangat menarik sehingga banyak orang yang menginginkannya. Berikut ini adalah langkah-langkah yang wajib Anda lakukan jika ingin mengubah warna tampilan status bar Anda menjadi transparan.


Gambar 1. Mengubah warna tampilan status bar

Hal pertama untuk mengubah warna tampilan status bar maka Anda harus me-root smartphone Anda terlebih dahulu agar segala prosesnya berjalan secara lancar. Jika smartphone Anda sudah ter-root maka ada dua aplikasi yang harus Anda install setelahnya yaitu Xposed Installer dan juga Xposed Tweakbox. Kemudian ikuti langkah berikut:
  1. Buka aplikasi Xposed Installer
  2. Pilih menu Framework
  3. Kemudian pilih install atau update
  4. Jika proses sudah selesai, silakan reboot smartphone Anda

Tunggu sampai smartphone Anda hidup kembali, kemudian Anda dapat meneruskan langkah-langkah selanjutnya yaitu menginstal Xposed Tweakbox dan dilanjutkan dengan langkah lainnya, sebagai berikut:
  1. Buka aplikasi Xposed Installer
  2. Kemudian pilih menu modules lalu centang bagian Xposed Tweakbox
  3. Pilih status bar dan centang bagian background colournya
  4. Selanjutnya pilihlah warna transparan
  5. Lalu pilih OK dan reboot perangkat Android Anda agar hasilnya lebih optimal

Jika Anda mengikuti semua langkah-langkah tersebut maka tampilan status bar Anda akan berubah warnanya menjadi transparan. Transparan akan membuat tampilan status bar Anda lebih menarik dan terlihat tidak monoton. Mudah bukan mengubah warna tampilan status bar pada perangkat Android Anda? Kini ketika Anda menatap layar smartphone maka akan muncul rasa senang karena tampilannya berbeda dengan yang lain. Hal ini patut Anda coba pada smartphone Anda sendiri agar tidak ketinggalan tren yang sedang booming akhir-akhir ini.

Selamat mencoba.

Referensi:
1. http://helodroid.com/cara-membuat-statusbar-android-transparant/
Sumber gambar:
1. http://bingkaisuara.com/wp-content/uploads/2015/04/191ys6nn0rkwsjpg.jpg

Related Posts :

 

Copyright @ 2013 Sentral Android .