Jumat, 22 Januari 2016

Cara Install Webcam IP Android Ke PC

Kehadiran smartphone memberikan keseimbangan bagi setiap individu. Tidak hanya lebih leluasa mengakses media sosial maupun mempermudah pekerjaan, smartphone memiliki kemampuan untuk membantu penggunanya melakukan aktivitas sehari-hari. Ponsel pintar ini hadir di dalam beberapa operating system, Android merupakan salah satu OS paling umum dikenal oleh para penggunanya. OS besutan google ini menarik hati banyak orang karena memiliki akses yang mudah dan memiliki segudang aplikasi yang unik.

Bahkan sejumlah aplikasi Android mampu mengganti fungsi gadget lainnya. Salah satunya adalah kemampuannya dalam menukar posisi sebuah webcam komputer. Jadi, tidak perlu khawatir jika Anda belum sempat membeli webcam, gunakanlah kemampuan Android ini, khususnya bagi Anda yang memiliki kamera depan. Agar tidak penasaran, mari simak ulasan berikut untuk agar HP Anda terintegrasi dengan PC sebagai webcam.

Untuk membuat smartphone Anda menjadi webcam setidaknya ada 4 langkah yang perlu dilakukan. Agar lebih mudah menjalankan keempat langkah tersebut, sebaiknya sediakan koneksi internet dengan kecepatan cukup disertai kuota yang memadai. Hal ini bertujuan agar bisa mengatasi akibat kegagalan unduhan, yang tentunya akan memakan sejumlah kuota tersebut. Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda ikuti :


Gambar 1. Memasang Camera Android ke PC

Langkah 1:

Anda harus mengunduh aplikasi IP Webcam dan install Webcam adapter pada komputer Anda. Ukuran filenya tidak terlalu besar, jadi tidak perlu khawatir akan memengaruhi kinerja RAM dan kapasitas harddisk Anda. Jika file yang ada berbentuk .rar atau .zip Anda perlu mengekstraknya dahulu untuk melanjutkan proses install. Untuk mempermudah proses penginstallan, letakkan saja aplikasi tersebut ke dalam drive master, baik C maupun D.

Langkah 2:

Setelah selesai install maka Anda bisa memulai membuka webcam ip terlebih dahulu pada ponsel. Anda perlu mengisi nama pengguna, kata sandi, resolusi layar, hingga pengaturan lainnya. Meski mudah menjalankan video call dengan kamera depan, tetapi sebaiknya Anda menggunakan kamera belakang untuk mendapatkan hasil yang optimal dan memiliki kualitas video yang lebih baik.

Langkah 3:

Anda perlu klik start server bila telah berhasil dalam menginstall. Jika masih ada yang belum pas dalam pengaturan, Anda bisa mengubahnya kembali kapan saja. Yang perlu diperhatikan pada tahap ini adalah smartphone Anda harus terkoneksi dengan komputer melalui kabel. Jangan salah menggunakan kabel yang hanya terkoneksi untuk charging.

Langkah 4

Setelah terkoneksi dengan adanya icon, maka Anda hanya cukup menginstall IP Webcam adaptor yang telah diunduh sebelumnya di komputer. Klik aplikasi tersebut, dan ikuti tahapan yang ada dengan menuliskan alamat IP dan port aplikasi webcam yang terpasang. Selamat Anda telah berhasil melakukan video call dengan menggunakan smartphone yang telah dipasang tersebut.

Referensi:
1. http://jaringankomputer.org/cara-instal-aplikasi-webcam-android/
Sumber gambar :
1. http://jaringankomputer.org/wp-content/uploads/2014/12/Memasang-Camera-Android-ke-PC-Aplikasi-Webcam-Android-ke-PC-298x300.png

Related Posts :

 

Copyright @ 2013 Sentral Android .