Kamis, 28 Januari 2016

6 Fakta Menarik Tentang Android Yang Wajib Diketahui

Hidup di jaman serba modern ini tidak lengkap rasanya jika tidak memiliki handphone. Fungsi awal dari telepon genggam ini hanyalah sebagai alat komunikasi yang lebih simpel dan juga praktis namun seiring berjalannya jaman telepon genggam ini memiliki fungsi lain yaitu untuk berfoto ria bersama orang-orang yang mereka sayangi. Selain itu handphone juga menjadi alat yang sangat penting untuk masuk ke dalam dunia maya atau yang biasa dikenal dengan sebutan jejaring sosial.

Media sosial memiliki bermacam-macam jenis, mulai dari alat untuk mempererat tali silaturahmi sampai media untuk berbagai foto ataupun kegiatan sehari-hari seperti instagram dan path yang sedang marak di kalangan masyarakat. Untuk memperoleh akun-akun media sosial tersebut, hal utama yang diperlukan adalah handphone yang sudah berada pada tingkat smartphone. Karena handphone biasa tidak bisa menjangkau tren yang sedang hangat-hangatnya ini. Salah satu jenis smartphone yang tidak pernah sepi pembeli adalah Android.

Tahun demi tahun menjadi sangat berarti semenjak Android berhasil merajai pasar smartphone pada tahun 2013 setelah mengalahkan lawannya yaitu Blackberry. Kini Android menjadi smartphone yang paling dicari hampir oleh semua kalangan. Inilah yang membuat Android berkembang secara pesat dengan selalu memperbaharui teknologi dan juga menyediakan apa yang dibutuhkan oleh pengguna smartphone. Fitur, aplikasi serta inovasi terbaru selalu dihadirkan oleh Android yang dikenal dengan robot berwarna hijaunya sebagai simbol kebanggaannya.


Gambar 1. Android

Android kini sedang berada pada masa kejayaannya ini memiliki banyak fakta menarik dan tidak banyak orang mengetahuinya. Berikut ini adalah 6 fakta menarik tentang Android yang wajib Anda ketahui.

  1. Google Bukanlah Pencipta Android

    Hal ini ramai diperbincangkan, banyak orang mengira bahwa Google adalah pencipta Android padahal ini sama sekali tidak benar. Android dikembangkan oleh perusahaan Android Inc di Palo Alto, California. Awalnya hanya bertujuan untuk mengembangkan sebuah sistem operasional untuk kamera digital, namun pasar kamera digital tidak cukup besar. Perusahaan yang didirikan oleh Andy Rubin, Nick Sears, Rich Miner dan Chris White pada bulan Oktober 2003 ini memilih untuk beralih ke sistem operasi smartphone.

    Proses peralihan ini bertujuan untuk menyaingi Symbian dan Windows Mobile pada tahun tersebut. Namun pada tahun 2005, Google membeli dan mengembangkannya serta tetap mempertahankan karyawan utama dari Android Inc. Saat itulah Android berkembang secara pesat dengan memiliki banyak penggemar setia.

  2. Menggunakan Nama Kode Makanan

    Hal menarik lainnya tentang Android adalah pemberian nama kode unik pada setiap versi OSnya. Inilah yang menjadikan Android berbeda dengan smartphone lainnya serta terlihat lebih unik dan tentunya memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Nama-nama makanan yang menjadikannya populer pada versi pertama sampai versi saat ini ialah:

    Cupcake 1.5
    Donut 1.6
    Éclair 2.1
    Froyo 2.2
    Gingerbread 2.3
    Honeycomb 3.2
    Ice Cream Sandwich 4.0
    Jelly Bean 4.1
    KitKat 4.4
    Lollipop 5.1

  3. Android Pernah Dipandang Sebelah Mata Microsoft

    Microsoft pada waktu itu menjadi perusahaan besar terkemuka dan memiliki sistem operasi untuk mobile yaitu Windows Mobile. Saat kemunculan Android pada awal karirnya, Microsoft pernah memandang remeh keberadaan Android yang kala itu masih kalah jauh dibandingkan dengan Microsoft yang banyak digunakan oleh vendor mobile dunia. Namun, lambat laun Android mengalami kenaikan popularitas yang membuat Microsoft menghentikan Windows Mobile karena tidak laku di pasaran dan membuatnya kalah saing dengan Android.

  4. Aplikasi Melimpah

    Android memiliki banyak aplikasi sehingga pengguna smartphone ini merasa sangat puas dan leluasa dalam memilih. Google Play Store yang menjadi toko aplikasi resmi di Android ini memiliki aplikasi terbanyak dibandingkan dengan toko aplikasi lainnya. Lebih dari satu juta aplikasi terpajang nyata di etalase Play Store. Karena banyaknya aplikasi tersebut maka hal ini sangat bermanfaat serta membantu para pengguna smartphone dalam menentukan aplikasi apa yang akan mereka dapatkan.

  5. Android Sering Dianggap Sebagai Merek Gadget

    Banyak orang-orang awan menganggap bahwa Android adalah merek gadget. Padahal ini sama sekali tidak benar, Android bukanlah sebuah merek gadget melainkan sebuah sistem operasi smartphone yang menggunakan robot hijau sebagai logo uniknya.

  6. Sistem Operasi Android Terbuka dan Gratis

    Fakta unik nan menarik lainnya dari Android adalah sifatnya sangat terbuka dan juga gratis di mana Google merilis kodenya di bawah Lisensi Apache. Ini sangat memungkinkan pengguna untuk memodifikasi dan juga mendistribusikannya secara bebas. Android juga memiliki komunitas pengembangan aplikasi yang semakin memperluas fungsionalitas perangkat. Hal inilah yang menjadikan android lebih unggul jika dibandingkan dengan kompetitor lainnya.

Itulah beberapa macam fakta menarik tentang Android. Fakta tersebut wajib diketahui agar menambah informasi serta wawasan Anda karena tidak hanya sekedar memakainya untuk bergabung dengan berbagai macam akun sosial media saja, namun sudah sepatutnya Anda mengenal jauh tentang Android.

Referensi:
1. https://www.maxmanroe.com/fakta-unik-dan-menarik-seputar-os-android.html
Sumber gambar:
1. http://cdn.klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2014/08/12/411807/670x335/4-fakta-unik-dan-menarik-tentang-android-yang-wajib-diketahui-mitosfakta.jpg

Related Posts :

 

Copyright @ 2013 Sentral Android .