Jumat, 29 Januari 2016

5 Aplikasi Android Yang Merugikan Pengguna Smartphone

Android adalah sistem operasi smartphone terpopuler di dunia, hampir semua orang mengetahuinya. Pada awalnya sistem operasi ini dibuat hanya untuk kamera digital saja tetapi saat itu pasaran telepon genggam lebih unggul dibandingkan dengan kamera digital. Maka jadilah Android, sistem operasi dalam smartphone yang dibuat untuk menyaingi rekan sesamanya seperti Symbian dan Windows Mobile. Para pesaingnya itu menganggap remeh Android pada awal karirnya. Namun siapa yang menyangka lambat laun Android menjadi sangat tenar dibandingkan yang lainnya.

Google juga memberikan peran penting dalam keberhasilan sistem operasi ini. Hal ini dikarenakan pada tanggal 17 Agustus 2005 Google mengakuisisi Android Inc dan menjadikannya sebagai anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Google. Rubin, Miner, dan White sebagai pendiri Android pun masih tetap bekerja di perusahaan setelah diakuisisi oleh Google. Bersama Google mereka terus mengembangkan Android dengan inovasi-inovasi terbaru yang sangat kreatif. Inilah yang membuat Android merajai pasaran sistem operasi di dunia.

Android juga menyediakan toko aplikasi resmi yaitu Google Play Store. Di dalam Google Play Store inilah para pengguna Android dapat menginstal aplikasi kapanpun dan di manapun. Tak hanya aplikasi berbayar yang terdapat di dalam toko aplikasi ini, ada banyak aplikasi gratis yang bisa diinstal oleh semua pengguna Android. Banyaknya aplikasi yang tersedia dapat membantu penggunanya dalam melakukan kegiatan sehari-hari atau menambah pengetahuannya tentang tren yang sedang marak akhir-akhir ini.


Gambar 1. Clock weather widget

Namun tidak semua aplikasi Android menguntungkan bagi penggunanya. Ada beberapa jenis aplikasi yang dapat merugikan pengguna Android juga. Berikut ini adalah 5 aplikasi Android yang dapat merugikan penggunanya.

  1. Aplikasi Widget Cuaca

    Aplikasi cuaca ini memang sangat membantu pengguna Android untuk mengetahui prakiraan cuaca pada hari tersebut. Akan tetapi, aplikasi ini sangat memakan banyak daya baterai serta kuota internet penggunanya karena pembaharuan prakiraan cuaca secara berkala terlebih lagi jika aplikasi ini ada di layar home smartphone Anda. Gantilah aplikasi ini dengan menggunakan fitur prediksi cuaca dari Google yaitu Google Now.

  2. Aplikasi Pembersih

    Aplikasi pembersih ini berfungsi untuk membersihkan aplikasi di perangkat Android kesayangan Anda agar tampil lebih prima. Clean Master dan aplikasi pembersih lainnya akan menghapus beberapa data sisa yang memakan kapasitas memori. Selain itu, aplikasi ini mempunyai beberapa kerugian juga seperti menghabiskan daya baterai sampai menyisakan sampah. Jika Anda ingin menghapus data sisa, Anda dapat melakukannya secara manual tanpa perlu menginstall aplikasi ini.

  3. Facebook

    Facebook merupakan salah satu jejaring sosial paling lama bertahan. Biasanya aplikasi ini langsung tersedia tanpa harus menginstallnya terlebih dahulu. Aplikasi ini memang banyak digunakan orang-orang sebagai media sosial pertama untuk berkomunikasi. Tapi, tahukah Anda bahwa facebook bawaan dari Android ini memakan memori yang sangat besar dan juga membuat baterai smartphone Anda terkuras banyak. Untuk itu sebaiknya, gunakanlah browser biasa untuk membuka facebook karena akan lebih menghemat kapasitas memori.

  4. Aplikasi Anti Virus Free

    Android memang sangat rentang untuk terserang berbagai macam virus. Untuk itu aplikasi anti virus memang diperlukan untuk mencegah terkenanya smartphone Anda dari serangan virus. Selain itu, ada beberapa yang cukup merugikan penggunanya seperti memakan daya baterai yang sangat besar. Namun, tenang saja Anda bisa mencegah masuknya serangan virus dengan menginstal aplikasi ataupun konten lainnya di Google Play Store. Karena Google Play Store memberikan keamanan yang dijamin 100%.

  5. Aplikasi Browser Bawaan

    Aplikasi browser bawaan Android memang sangat memakan banyak kuota internet. Jika Anda ingin tetap menggunakan browser, Anda bisa memilih seperti aplikasi opera mini yang menggunakan lebih dikit kuota internet.

Kelima aplikasi Android itu harus Anda hindari untuk meminimalisir memori smartphone Anda. Namun, Anda bisa mengakalinya dengan berbagai macam cara lain yang memiliki kualitas dan performa yang lebih baik.

Referensi:
1. https://www.maxmanroe.com/5-jenis-aplikasi-android-yang-bisa-merugikan-bagi-smarthone-anda.html
Sumber gambar:
1. http://media.gopego.com/media/news/2013-07/20/widgets/gopego_weather_apps_android_clock-weather-widget.jpg

Related Posts :

 

Copyright @ 2013 Sentral Android .