Jumat, 27 Februari 2015

Mengembalikan Berkas Penting Menggunakan Dumpster

Salah satu aplikasi yang sangat penting kita download di android adalah dumpster. Jika kita kebingungan untuk mencari file yang telah terhapus, aplikasi ini sangat membantu sekali. Menghapus file secara tidak sengaja bisa saja terjadi pada pengguna android. Dengan aplikasi ini, kita bisa mendapatkan kembali file-file yang telah terhapus seperti foto-foto, lagu-lagu, dokumen penting dan bahkan pesan teks sekalipun. Aplikasi ini mirip seperti windows recycle bin di komputer namun perbedaannya aplikasi ini untuk android. Untuk mendapatkan aplikasi ini tidak begitu sulit, kita bisa mendownloadnya di playstore menggunakan android.

Saat baru pertama kali membuka aplikasi ini, akan keluar pilihan berkas yang akan disimpan. Supaya lebih aman, kita bisa mencentang semua berkas-berkas seperti gambar, suara, dokumen, dan video. File-file yang sudah terhapus sebelum kita mendownload aplikasi ini, tidak akan bisa tersimpan di dumpster. Setelah kita mendownload aplikasi ini, file file yang terhapus bisa tersimpan di dumpster. File yang tersimpan di dumpster biasanya berupa pdf, mp3, doc, avi, mp4, jpg, png, txt dan banyak lagi. Kekurangan dari dumpster ini adalah tidak berlaku untuk file yang berukuran besar di atas 5 GB, maka file tersebut akan terhapus secara permanen.


Gambar 1. Tampilan Awal Dumpster


Gambar 2. Berkas Yang Telah Terhapus

Saat membuka dumpster, kita akan melihat file-file yang sebelumnya telah terhapus. Selanjutnya, kita bisa memilih file yang telah terhapus untuk dikembalikan. Kita bisa mengetuk dua kali file yang akan dikembalikan. Saat kita mengetuk dua kali file tersebut, akan keluar file details dari file tersebut. Dari file details tersebut, kita pilih restore untuk mengembalikan file tersebut. Setelah kita memilih restore, nanti dengan sendirinya file tersebut akan kembali. Untuk mengeceknya, kita bisa membuka file. Setelah kita membuka file, kita akan menemukan file yang telah terhapus telah tersimpan di smartphone kita. Untuk menghapus berkas secara permanen, kita sentuh dan tahan pada berkas yang ingin kita hapus lalu pilih hapus. Jika terlalu susah, kita bisa mensetting penghapusan otomatis agar kita tidak perlu menghapus secara manual karena filenya sangat banyak.


Gambar 3. Mengembalikan Berkas Yang Telah Terhapus

Aplikasi Dumpster sangat banyak sekali manfaatnya. Sebaiknya kita cepat-cepat mendownload aplikasi ini sebelum file-file yang kita miliki terhapus dan akhirnya file tersebut tidak bisa dikembalikan karena telah terhapus secara permanen. Suatu saat kita bisa saja dengan tidak sengaja menghapus file yang penting atau anak-anak memainkan smartphone dan tidak sengaja menghapus file penting yang telah tersimpan di dalam smartphone. Aplikasi ini sangat penting sekali dan harus kita download di smartphone kita. Kita bisa mendapatkan aplikasi ini di playstore dan kita bisa mendapatkannya secara gratis di android.

Oleh : Jenny
Gambar:
1. http://www.hptekno.com/2014/11/14/tutorial-cara-membuat-recycle-bin-di-android/
2. http://www.hptekno.com/wp-content/uploads/2014/11/android-recycle-bin-1.jpg
3. http://4.bp.blogspot.com/-HFYSFLgMqIM/VEEOsm7YlFI/AAAAAAAAIDQ/bbxZ01RrKlI/s1600/Dumster.jpg

Related Posts :

 

Copyright @ 2013 Sentral Android .