Rabu, 28 Januari 2015

Membuat Online Shop Lewat BBM Android

Salah satu aplikasi android yang paling populer adalah BBM atau Blackberry Messenger. Biasanya aplikasi BBM hanya bisa ditemukan di Blackberry, tetapi sekarang bisa didownload di android. Penggunaan BBM di android sama dengan di Blackberry. Jika ingin menggunakan BBM, kita harus membuat username dan pin bb lewat website Blackberry.

Kebanyakan orang menggunakan BBM untuk membuka online shop. Online shop di BBM sudah menjamur di kalangan anak muda sampai ibu-ibu. BBM memudahkan dalam membuka usaha online shop seperti menjual baju, tas, sepatu, dan barang barang lainnya. Untuk membuat online shop, kita harus membuat group di BBM.

Pertama, kita klik ikon titik tiga yang paling ujung. Setelah itu, akan keluar pilihan create new group. Selanjutnya, kita klik create new group. Setelah klik tersebut, maka kita akan disuruh mengisi group name, description, dan icon group. Group name kita isi sebagai nama group nantinya sedangkan description adalah penjelasan tentang group seperti menjual baju muslimah. Setelah kita mengisinya, maka group tersebut telah jadi.


Gambar 1. Navigasi Titik Tiga

Setelah group jadi, kita buka group tersebut. Jika kita ingin mengajak teman kita untuk bergabung di group, kita klik navigasi lebih banyak yang berada di ujung. Setelah itu, akan keluar pilihan undang ke BBM atau klik ikon undang. Nanti kita disuruh masukan contact teman kita yang berada di contact BBM untuk bergabung di group. Jika ingin mengupload barang barang jualan, kita tinggal klik navigasi gambar. Setelah itu, kita pilih file penyimpanan gambar di android. Setelah kita pilih file gambar yang akan di upload, nanti akan ada keluar kolom caption. Di kolom tersebut, kita isi harga dari barang yang akan dijual.


Gambar 2. Klik Lebih Banyak

Saat kita membuka group, maka tampilannya seperti gambar di bawah ini. Jika ingin mengobrol dengan teman di group, maka kita bisa klik kolom chat. Kita tulis percakapan di chat, nantinya semua anggota di group bisa membacanya. Jika kita ada mengupload gambar barang untuk dijual, nanti di kolom gambar akan memberi tanda jika ada upload gambar terbaru.


Gambar 3. Tampilan Group

Di group BBM, kita bisa bergabung dengan group orang lain. Kita akan menjadi member di group teman kita. Jika ada teman kita yang mengajak gabung di group, nanti dia akan mengirim permintaan di BBM. Di BBM, kita bisa memiliki group lebih dari satu. Jika kita memiliki group lebih dari satu, biasanya kinerja handphone akan semakin lambat atau sering disebut lola. Jadi ada sebaiknya kita memasukkan group yang seperlunya saja.


Gambar 4. Group BBM

Membuka bisnis online lewat BBM sangat menguntungkan sekali. Kita tidak perlu susah-susah berjualan, kita hanya perlu mengupload gambar di group setiap hari. Begitu bermanfaat sekali penggunaan BBM dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam membuka bisnis online. Kita bisa menambah penghasilan sampingan lewat bisnis online. Kita tidak akan rugi, jika mendownload aplikasi BBM di android yang kita miliki.

Oleh : Jenny
Gambar:
1. http://cariyuk.com/uploads/ckeditor/images/news/IT%20%26%20Gadget/Inilah%20tampilan%20Apps%20BBM%20for%20Android_4.png
2. http://www.ikeni.net/wp-content/uploads/2014/03/BBM-Grup.jpg
3. http://cf-attach.i-sogi.com/en/article/img/201402/2014021403481497180.jpg
4. http://4.bp.blogspot.com/-vX3lf7m8Nxc/VKQdoenC7FI/AAAAAAAABFU/dW8StKdFbwk/s1600/2014-12-31%2B22.38.52.png

Related Posts :

 

Copyright @ 2013 Sentral Android .